Makan Sebutir Apel Tiap Hari dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 17 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -
Sejak dulu apel dikenal sebagai buah yang kaya khasiat. Cukup makan sebutir apel tiap hari, rasakan manfaat sehat apel. Sehatkan pencernaan hingga turunkan berat bada.
Apel dapat dikatakan 'super fruit' karena diyakini punya manfaat sehat untuk tubuh dengan banyaknya kandungan nutrisinya. Bukan hanya karena rasanya yang renyah manis. Apel bisa dikonsumsi dalam cara apapun. Dimakan langsung, dibuat jus, campuran salad, atau campuran dessert.
Selain mengandung serat, apel kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 8,4 mg vitamin C, 95 kalori, 25 karbohidrat, dan 4 gram serat.

Makan Sebutir Apel Tiap Hari dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat IniFoto: iStock
Dirangkum dari US News (10/10), berikut 5 manfaat sehat apel.
1. Kaya akan serat
Apel sangat kaya akan serat, ini bukan lagi rahasia umum. Serat yang terkandung di dalam 1 butir apel yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik untuk membantu lancarnya pencernaan.
Perlu diingat, ketika apel diproses menjadi saus apel atau jus apel, hampir semua kandungan seratnya hilang; secangkir jus apel mengandung hanya setengah gram serat. Jadi lebih baik jika mengonsumsi apel tanpa diproses dan lebih baik makan bersama kulitnya.
2. Menurunkan kadar gula darah
Apel mengandung serat larut tinggi seperti pektin, yang larut dalam air dan membentuk gel di saluran pencernaan. Dan ini memperlambat laju gula dan karbohidrat ke dalam darah.
3. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kandungan serat dalam apel juga mencegah penyerapan beberapa kolesterol makanan dalam tubuh, yang dapat memengaruhi kadar kolesterol keseluruhan. Ini dapat membantu menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat". Menurunkan kolesterol membantu melindungi kesehatan jantung.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Ohio State University menjelaskan bahwa konsumsi satu butir apel per hari selama 4 minggu berturut-turut akan menurunkan kadar zat yang terkait dengan penggumpalan darah sebesar 40%.

Makan Sebutir Apel Tiap Hari dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat IniFoto: iStock
4. Menurunkan risiko diabetes
Mengonsumsi apel dapat membantu menangkal diabetes tipe 2. Apalagi jika apel tersebut dikonsumsi secara utuh. Para peneliti menganalisis 3 penelitian jangka panjang yang melibatkan 187.382 peserta.
Setiap peserta diminta untuk konsumsi apel paling tidak 2 porsi setiap minggunya, dan itu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23% dibandingkan orang yang mengonsumsi buah tersebut dalam jumlah yang sedikit dalam sebulan.
5. Dapat mengontrol berat badan
Karena mengandung serat larut yang tinggi, makan apel membantu meningkatkan rasa kenyang. Apel juga rendah kalori. Maka itu apel sangat cocok untuk makanan yang dikonsumsi saat diet. Sangat cocok dimakan dengan selai kacang atau greek yogurt.




Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)