Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 15 Okt 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kesehatan bukan hanya penting untuk fisik saja, tetapi juga mental. Kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh pilihan asupan dari sumber makanan.

Mental yang tidak sehat dapat menimbulkan beberapa masalah serius seperti stres, kecemasan hingga depresi. Banyak orang yang mengalami kasus ini dan memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang menyedihkan. Seperti yang baru-baru ini terjadi pada Sulli, eks member girlband Korea f(x).

Sulli ditemukan tak bernyawa di apartemennya. Pihak kepolisian mengidentifikasi bahwa Sulli mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri karena ia mengalami depresi berat. Selain Sulli, hal ini juga dialami oleh artis lainnya seperti Choi Jin-Sil, Park Yong-Ha, Jang Ja-Yeon dan masih banyak lagi.
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: Istimewa

Dari kasus tersebut membuktikan bahwa kesehatan mental sangat penting. Kesehatan mental tersebut juga bisa diatasi dengan mengasup nutrisi dari berbagai sumber makanan. Dilansir dari Bustle (29/08) berikut 5 nutrisi untuk kesehatan mental.

1. Protein
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: iStock

Makanan yang mengandung protein sangat penting untuk kesehatan otak. Selain itu juga bisa berpengaruh pada keseimbangan mental yang sehat. Menurut Sara Kahn seorang Ahli Gizi, otak sangat sensitif terhadap fluktuasi gula darah sehingga penting untuk tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Jika gula darah dalam tubuh mengalami fluktuasi atau naik turun maka bisa menyebabkan kecemasan. Karenanya untuk selalu sertakan sumber protein dalam setiap makanan untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah. Sumber protein dapat ditemukan pada salmon, telur, daging unggas, dan daging sapi. Sementara untuk nabatinya bisa didapat dari kacang, lentil, tahu dan tempe

2. Prebiotik
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: iStock

Prebiotik berbeda dengan probiotik. Menurut Dr. Robertson, Prebiotik adalah serat yang secara selektif dapat memberi makan mikroba usus yang bermanfaat. Lebih lanjut, Dr. Robertson mengatakan bahwa prebiotik telah terbukti mengurangi kortisol atau hormon stres pada manusia. Pernyataan tersebut telah dibuktikan melalui studi yang menemukan pengaruh antara prebiotik dengan kesehatan mental.

Dalam studi tersebut ditemukan bahwa prebiotik memiliki efek positif pada depresi dan kecemasan. Prebiotik dalam ditemukan dalam beberapa bahan makanan seperti pisang, sawi putih, buncis, lentil dan gandum. Bukan hanya pada makanan saja, prebiotik juga terkandung dalam bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah dan daun bawang.

3. Ikan berlemak
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: Reuters/Kim Kyung-Hoon

Lemak omega-3 yang terkandung pada ikan tidak hanya menyehatkan otak, tetapi juga dapat meredakan kecemasan yang berujung pada stres berlebih. Hal ini ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak yang baik, dan dapat membantu dengan gejala gangguan mood.

Lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan berminyak seperti mackerel, salmon atau tuna. Atau jika kamu memiliki alergi pada ikan, kamu bisa mendapatkan sumber asupan tersebut dari produk nabati seperti walnuts, kacang merah dan kacang edamame.

Baca Juga : Konsumsi Tiram Mentah Jadi Pengobatan Alternatif Depresi

4. Magnesium
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: iStock

Magnesium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan mental. Banyak kasus depresi dan kecemasan yang dialami orang-orang biasanya karena kekurangan asupan magnesium. Mungkin ini bisa jadi penyebab yang dialami oleh Sulli eks girlband Korea f(x).

"Stres kronis dapat menghabiskan magnesium," Ujar Ahli Gizi, Sara Kahn.

Sebuah tinjauan ilmu pengetahuan tentang magnesium pada tahun 2018 menemukan bahwa magnesium memainkan peran yang cukup besar dalam kesehatan otak. Magnesium banyak terkandung dalam beberapa makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, gandum utuh dan cokelat hitam.

5. Makanan Fermentasi
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: iStock

Makanan fermentasi banyak disukai orang. Selain rasanya yang lezat, Makanan fermentasi juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Makanan fermentasi tertentu telah ditemukan bermanfaat untuk suasana hati dan kesehatan otak, karena makanan fermentasi mengandung mikroba hidup yang baik untuk usus.

Jika keadaan usus baik, maka akan berpengaruh pada peningkatan mood sehingga bisa mengurangi kecemasan. Bahkan makanan fermentasi akan ditentukan sebagai obat untuk perawatan depresi dan kecemasan di masa depan. Makanan fermentasi yang patut dikonsumsi ada seperti yogurt, sauerkraut, kombucha, dan kefir.

6. Polifenol
Jaga Kesehatan Mental, dengan Mengasup 5 Nutrisi Penting IniFoto: iStock

Polifenol merupakan asupan yang penting dari diet sehari-hari. Polifenol adalah senyawa nabati yang tidak dapat dicerna dan karenanya hanya bisa dihancurkan oleh mikrobioma usus. Sejumlah polifenol telah menunjukkan manfaat bagi kesehatan mental, yang mungkin disebabkan oleh pemrosesan mereka oleh mikrobioma usus.

Polifenol merupakan senyawa yang banyak terkandung dalam buah berry, minyak zaitun extra virgin, kadang kedelai, cengkeh dan teh hijau. Selain itu juga terdapat dalam kandungan cokelat yang dikenal sebagai camilan pembuat suasana hati senang.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Pengaruhi Mood dengan Cara Berbeda pada Anak Muda dan Orang Tua (raf/odi)