Tanpa Pisang, 5 Racikan Smoothies Ini Juga Enak dan Kaya Nutrisi

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 14 Okt 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tanpa ditambah pisang, racikan smoothies ini juga tak kalah enak. Jenis buahnya beragam dan bisa jadi inspirasi membuat smoothies saat sarapan.

Smoothies jadi minuman andalan banyak orang untuk memulai hari. Smoothies diracik dari buah atau sayuran segar dengan tambahan susu atau bahan nabati lainnya. Teksturnya yang kental membuat smoothies begitu mengenyangkan.

Baca Juga: Buat Smoothie Hangat dengan 2 Paduan Bahan Saja

Tidak seperti membuat jus, smoothies sedikit lebih penuh serat. Tak hanya buah-buahan manis yang dapat dicampur ke dalam smoothies, namun sayur-sayuran hijau juga bisa ditambahkan agar makin lengkap nutrisinya.

Campuran yang mungkin disukai dari smoothies adalah racikan antara buah dan sayur dengan protein. Dirangkum dari The Guardian (11/10), resep smoothies ini mungkin bisa jadi pilihan selain smoothies pisang yang sering Anda buat.

Tanpa Pisang, 5 Racikan Smoothies Ini Juga  Enak dan Kaya NutrisiFoto: iStock


1. Selai kacang dan Bayam
Satu sendok makan selai kacang yang enak bisa membuat smoothies lebih mengenyangkan dan menyempurnakan rasanya. Coba padukan selai kacang dengan sayuran hijau seperti bayam. Kalau bisa pilih baby spinach untuk rasa yang lebih lembut.

2. Kale dan Ceri
Masih dari penggunaan sayuran hijau, coba racik kale bersama cherry. Rasa manis ceri cukup kuat dan lebih istimewa dibanding strawberry. Sebab strawberry kurang enak saat dicampur sayuran hijau yang rasanya kuat.

Tanpa Pisang, 5 Racikan Smoothies Ini Juga  Enak dan Kaya NutrisiFoto: iStock


3. Blueberry dan Seledri
Terlihat sangat berbeda dan tidak mungkin disatukan, ternyata blueberry dan seledri memiliki elemen yang 'sama' sehingga enak diracik jadi smoothies. Pilihan lain dari blueberry adalah mencampurkan bit. Hanya saja bit perlu dikukus dulu.

Baca Juga: Smoothie Bowl, Tren Sajian Smoothie dalam Mangkuk yang Cantik

Tanpa Pisang, 5 Racikan Smoothies Ini Juga  Enak dan Kaya NutrisiFoto: iStock


4. Apel, Mentimun, Seledri, dan Jahe
Pencampuran keempat bahan ini bisa memberikan efek segar dan menghangatkan. Sangat pas diracik di pagi hari.

5. Kembang kol dan Air Kelapa
Sedikit nyentrik, namun kembang kol juga bisa diracik jadi smoothies. Tambahkan dengan air kelapa secukupnya, flax seeds, apel, dan ashwagandha. Paduan bahan ini disebut-sebut sangat enak asal tidak menggunakan air kelapa terlalu banyak.

Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)