Minuman Penghangat Badan

Buat Smoothies Hangat dengan Paduan Dua Bahan Saja

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 20 Jan 2016 14:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Smoothies tak harus disajikan dingin.​ Jika bosan dengan kopi atau teh, padu​k​an 2 bahan saja sudah membuat smoothies hangat jadi lebih nikmat!

​Memakai bahan yang kurang lebih sama, smoothies juga enak dinikmati hangat. Coba saja paduan dua jenis bahan ini untuk smoothies hangat.​


1. Pir dan jahe



Foto: Thinkstock
Pir manis dan lembut enak berpadu dengan parutan jahe segar. Siapkan ​1 buah​ pir dan ​1 cm​ jahe. Kupas, potong, dan haluskan ​dengan blender​. T​ambahkan susu atau madu sesuai selera. Masak di atas panci atau ​panggang dalam oven microwave selama 1 menit.​


2. Ubi dan kayumanis
Foto: Thinkstock
Ubi mengandung karbohidrat yang cukup banyak hingga mampu mengontrol berat badan. Karenanya, smoothies ubi ini cocok untuk dijadikan hidangan sarapan. Untuk seporsi smoothies ubi, siapkan setengah buah ubi yang sudah ​direbus hingga lunak ​lalu lumatkan, juga ​1/2 sdt​ bubuk kayumanis. Campurkan ubi dengan susu agar mudah diminum. Masak, dan tabur​i​ kayumanis. Jika suka, tambahkan ​sedikit​ jahe dan madu saat dimasak.

3. Pisang dan cokelat



Foto: Thinkstock
Sedang kurang enak badan? Jika tak suka rasa pedas dari jahe, campuran pisang dan cokelat bubuk pas untuk Anda. Siapkan susu, cokelat bubuk dan sebuah pisang. Blender semuanya, lalu masak hingga panas. Taburkan kayumanis atau madu. Rasa smoothie ini jadi enak dan lembut!

4. Apel dan kayumanis



Foto: Thinkstock
Ada ​sisa apel​? Coba saja membuat smoothie hangat dari apel. Campurkan susu, 1 buah apel, oatmeal, lalu blender sampai lembut. Masak atau masukkan oven​ microwave selama 1 menit​ hingga panas. Tabur​i​ kayumanis dan smoothie hangat ini siap dinikmati.

5. Selai dan susu
Foto: Thinkstock
Susu paling mudah ​dijadikan bahan smoothies​. Tambahkan selai cokelat atau selai kacang ​dalam susu agar lebih enak.​ Ambil dua sendok makan selai dan aduk-aduk selai ke dalam ​500 ml ​susu ​panas hingga larut​. Jika suka, taburkan bubuk cokelat atau bubuk kayumanis di atasnya.



(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com