ADVERTISEMENT

5 Alasan Sarapan Telur Ampuh Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Okt 2019 06:30 WIB
5 Alasan Sarapan Telur Ampuh Turunkan Berat Badan
Foto: iStock

3. Telur baik dikonsumsi pagi hari
Sarapan telur disebut-sebut sangat baik untuk usaha penurunan berat badan. Sudah ada banyak penelitian yang melihat efek sarapan telur dengan menu lain yang kalorinya sama. Ternyata hasilnya sangat positif. Sarapan telur bisa membantu turunkan berat badan 65% lebih baik dalam 8 minggu, dibanding yang tidak sarapan telur.

Penelitian lain juga menekankan betapa sarapan telur sangat mempengaruhi pola makan selanjutnya. Seseorang bisa mengurangi asupan kalori dalam 24 jam ke depan jika pagi harinya sarapan telur. Manfaat lain dari sarapan telur adalah kadar glukosa darah lebih normal dan hormon lapar (ghrelin) bisa ditekan.

Sebuah penelitian sarapan telur sempat dilakukan dengan partisipan 30 pria muda yang sehat dan bugar. Mereka diminta sarapan dengan 3 menu berbeda yaitu roti panggang telur, sereal dengan susu dan roti panggang, serta croissant dengan jus jeruk.

Pria yang sarapan telur ternyata memiliki kepuasan rasa kenyang yang lebih tinggi, tidak terlalu lapar, dan berkeinginan lebih rendah untuk makan makanan lain dibanding pria yang tidak sarapan telur. Jumlah asupan kalorinya bahkan bisa berkurang antara 270 - 470 kalori.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT