5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih Sehat

Riska Fitria - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Sarapan dengan telur bisa memberikan paket nutrisi sehat yang komplet. Itu jika diolah dengan cara ini.

Telur merupakan makanan universal. Dari belahan dunia manapun, pasti menyukai telur karena cocok di lidah. Selain itu, telur juga merupakan sumber protein, vitamin A, mineral, zat besi dan lemak sehat.

Memasak telur juga mudah, bisa diolah mulai dari telur dadar, telur ceplok, casserole hingga salad telur. Atau Anda juga bisa mengkombinasikan dengan berbagai pilihan makanan sesuai selera.

Dilansir dari E Times (11/8) supaya olahan telur lebih sehat lagi, bisa dimasak dengan metode seperti berikut.

1. Konsumsi Putih Telur
5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih SehatFoto: iStock

Telur terdiri dari dua bagian yaitu putih dan kuning telur. Namun, kuning telur mengandung banyak lemak. Jika Anda ingin mengurangi asupan lemak, disarankan untuk mengkonsumsi putih telur saja.

Baca Juga : Ini 5 Hidangan Telur yang Gampang dan Praktis Dibuat

2. Rebus Matang
5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih SehatFoto: iStock

Merebus telur hingga benar-benar matang merupakan metode memasak yang paling sehat. Kuning telur yang direbus tidak terpapar udara dan panas yang tinggi sehingga, kolesterol yang terkandung tidak rusak.

3. Poached
5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih SehatFoto: iStock

Poached adalah teknik memasak telur dengan merebus telur dalam air panas yang keadaannya setengah atau tiga perempat matang sebelum mendidih total. Telur tersebut direbus tanpa cangkang atau kulitnya. Kuning telur yang dimasak dengan metode ini terdapat biotin yang bisa membantu pertumbuhan kuku dan fungsi rambut

4. Orak-arik
5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih SehatFoto: iStock

Scrambled egg atau orak-arik merupakan teknik memasak telur dengan cara diorak-arik. Biasa orang mengenal sebagai hidangan telur orak-arik. Biasanya telur orak-arik dimasak dengan mencampurkan keju, susu atau susu skim. Jika Anda mengganti keju dan susu dengan air, Anda akan mendapat jumlah lemak dan kalori yang sama banyaknya dengan telur rebus.

5. Goreng
5 Cara Bikin Sarapan Telur Lebih SehatFoto: iStock

Sebenarnya memasak telur dengan cara digoreng bukan cara yang disarankan. Namun, supaya jadi sehat, Anda bisa menggunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

Pada dasarnya, telur yang sehat adalah telur yang dimasak dengan cara direbus. Jika ingin digoreng untuk dijadikan menu telur dadar, orak-arik atau telur ceplok gunakan minyak goreng yang menyehatkan. Juga perhatikan porsi makan telur yang di goreng secara berlebihan. Makan sesekali supaya kesehatan tubuh lebih terjaga.

Baca Juga : 8 Cara Goreng Telur Enak yang Cocok untuk Pencinta Telur

Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)