5 Alasan Sarapan Telur Ampuh Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 02 Okt 2019 06:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Telur jadi menu sarapan andalan yang enak dan praktis. Di balik itu, sarapan telur punya segudang manfaat sehat termasuk untuk menurunkan berat badan.

Saat tak punya banyak waktu sarapan, telur jadi bahan makanan yang selalu bisa diandalkan. Mengolah telur sangat mudah dan praktis. Tak perlu punya kemampuan masak mumpuni, Anda bisa mengolah telur sesederhana dengan merebus atau mengorak-ariknya di wajan.

Telur rebus, misalnya, bisa dibuat hanya dengan merebus telur di dalam air mendidih selama beberapa menit. Telur rebus bisa dimakan begitu saja saat sarapan karena bernutrisi dan mengenyangkan. Meski ada juga yang memadukannya dengan beragam makanan seperti sandwich atau salad.

Lain lagi dengan telur orak-arik yang menghasilkan tekstur lebih lembut dengan rasa gurih creamy. Tiap orang biasanya sudah memiliki racikan bumbu telur orak-arik favorit. Begitu juga dengan padu padannya.

Lalu bagaimana nutrisi sarapan telur dari sisi kesehatan? Sarapan telur ternyata sangat dianjurkan terutama untuk mereka yang mau menurunkan berat badan. Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Healthline (1/10). (adr/odi)