Apakah Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak Menyehatkan?

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 30 Sep 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang memilih diet rendah karbohidrat, namun tinggi lemak untuk penurunan berat badan yang cepat. Dari sisi kesehatan, amankah pola diet seperti ini?

Diet rendah karbohidrat adalah pola makan yang membatasi jumlah karbohidrat dan meningkatkan konsumsi protein dan lemak. Menurut US News (17/9), telah ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa diet ini dapat membantu turunkan berat badan dan melindungi Anda dari beberapa penyakit kronis.

Diet rendah karbohirat biasanya disebut dengan diet ketogenik, eco-atkins, zone diet, dan lain-lain. Namun menurut Bethany M. Doerfler, seorang ahli diet, Anda tak perlu mengikuti salah satu diet terkenal tersebut sebab Anda bisa membuat rencana makan rendah karbo dan tinggi lemak sendiri.

Menurut Doerfler, untuk mengikuti diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak Anda membutuhkan 50% kalori harian dari karbohidrat, kemudian asupan lemak berkisar antara 30% hingga 40% dari kalori harian, dan konsumsi protein kisaran 10% hingga 30% setiap hari. Agar lebih mudah, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang dapat membantu mengembangkan rencana makan Anda dan mencapai berat badan yang diinginkan.

Apakah Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak Menyehatkan?Foto: iStock


Diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini dikatakan aman dilakukan, asalkan pilihan makanannya seimbang. Hal ini dibenarkan oleh Tasha Temple, ahli diet di Northside Hospital di Gwinnett, Georgia. Sebab dengan melakukan diet ini akan membantu Anda terhindar dari risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan sindrom metabolik, yang termasuk obesitas.

Baca Juga: Kata Ahli, Selalu Telat Makan Bisa Sebabkan Obesitas

Kemudian agar diet rendah karbo dan tinggi lemak ini berhasil, Temple menyarankan Anda untuk mengonsumsi protein seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, sayuran dan lemak sehat yang rendah lemak jenuh. Anda juga harus menjauhi makanan yang olahan seperti bacon dan makanan ringan seperti keripik dan kue, kata Tammy Ward, ahli diet UC Health.

Apakah Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak Menyehatkan?Foto: iStock


Anda perlu menjauhi beberapa makanan tersebut karena mengandung lebih banyak karbohidrat, sehingga tidak pas untuk dikonsumsi ketika sedang diet rendah karbohidrat. Namun untuk menggantikan makanan manis tersebut, Anda bisa buat resep kue sendiri dengan bahan makanan seperti almond, tepung kelapa, bubuk kakao, dan mentega. Dengan memasak menggunakan bahan tersebut akan membuat makanan manis yang rendah karbohidrat.

Bukan hanya itu, makanan sehat yang bisa Anda konsumsi ketika sedang menjalankan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak ialah daging (kecuali bacon, hot dog, sosis), ayam, ikan, telur, alpukat, dan selai kacang. Sebelum dikonsumsi, pastikan Anda juga perlu berkonsultasi dengan ahli gizi.

Baca Juga: Menurut Pakar Kesehatan, Ini 7 Pola Diet Paling Baik di 2019

Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)