Rajin Minum Air Putih, Apakah Air Mengandung Kalori?

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 28 Sep 2019 08:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain hilangkan haus di tenggorokan, air putih juga memiliki peran penting dalam kinerja organ tubuh. Lalu soal kalori, apakah air putih mengandung kalori?

Membicarakan tubuh yang sehat, Anda tentu harus menjaga pola makan serta asupan nutrisi terutama kalori. Tiga nutrisi utama yang bertanggung jawab atas konsumsi kalori harian adalah protein, lemak, dan karbohidrat.

Dibanding jenis makanan atau minuman lain, air putih tergolong netral. Air putih tidak mengandung protein, lemak, ataupun karbohidrat sehingga jelas tidak mengandung kalori. Meskipun begitu, air putih tetap memiliki manfaat besar bagi tubuh.
Rajin Minum Air Putih, Apakah Air Mengandung Kalori?Foto: iStock

E Times (15/9) melaporkan, air putih dapat membantu mengangkut energi yang dipecah dari makanan ke sel-sel dalam tubuh. Jadi meskipun air tidak memiliki kalori sendiri, air tetap dapat membawa kalori yang diperoleh ke semua organ tubuh.

Baca Juga: Ya Ampun! Orang-prang Ini Benci Banget Minum Air Putih

Tidak hanya membawa kalori, air putih juga dapat membantu memecah dan membakarnya terutama jika Anda minum air dingin. Jenis air ini dikatakan dapat membakar kalori lebih cepat. Itu sebabnya mengapa air putih dikatakan mampu mengurangi berat badan.

Selain itu, air putih juga dapat membantu membuang limbah dari tubuh, menyaring racun di ginjal, serta membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Jadi, meskipun tidak memiliki kalori, air tetap dapat membantu membakar kalori yang Anda konsumsi.
Rajin Minum Air Putih, Apakah Air Mengandung Kalori?Foto: iStock

Itu sebabnya mengapa air sangat disarankan untuk Anda yang sedang diet. Sebab air putih memiliki banyak manfaat tanpa membuat seseorang mengasup kalori apa pun. Anda disarankan untuk minum delapan gelas air putih setiap harinya, agar tubuh tetap bugar.

Baca Juga: Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat untuk Minum Air Putih

Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)