Ranitidin Tercemar NDMA, Obati Asam Lambung dengan Pola Makan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 23 Sep 2019 13:33 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Asam lambung termasuk penyakit yang banyak diderita orang Indonesia. Baru-baru ini muncul kabar obat asam lambung populer tercemar NDMA.

Asam lambung merupakan penyakit terkait pencernaan yang juga dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD). Asam lambung kerap disamakan dengan penyakit pencernaan lain seperti maag dan tukak lambung, namun sebenarnya berbeda.

Asam lambung terjadi karena kerusakan katup lambung yang mengakibatkan asam lambung bisa menyebar ke semua organ tubuh. Sebagai contoh, asam lambung yang sampai ke paru-paru bisa mengakibatkan sesak napas dan asam lambung di kerongkongan bisa picu batuk-batuk.

Asam lambung umumnya disertai gejala nyeri dada hingga rasanya seperti terbakar (heartburn). Biasanya gejala ini muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Gejala lain yang menyertainya adalah mual, muntah, dan sering bersendawa.

Biasanya saat ke dokter, penderita asam lambung akan diresepkan obat bernama ranitidin. Obat ini tergolong mudah ditemui di berbagai fasilitas kesehatan masyarakat. Tapi baru-baru ini beredar info bahwa ranitidin tercemar NDMA yang bisa berakibat buruk untuk kesehatan.

Selain dengan obat, asam lambung ternyata bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Terdapat beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari. Informasinya dirangkum detikFood seperti berikut. (adr/odi)