Sedang Stres? Tubuh Kamu Perlu 7 Asupan Ini Untuk Meredamnya

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 16 Sep 2019 10:29 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Rasa stres sering kali menghampiri seseorang. Perasaan ini bisa diredam dengan memperbanyak asupan makanan yang tepat.

Rasa stres sangat umum terjadi dalam hidup. Wajar bila stres menghampiri sesekali. Tapi gangguan stres yang parah sebenarnya perlu ditangani dengan beberapa terapi.

Kalau masih dalam gejala ringan, ada cara alami yang bisa bantu redam rasa stres Anda yaitu dengan konsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Asia One (28/8), inilah makanan yang bisa redam rasa stres.

Baca Juga: Kata Ahli Makan Junk Food Saat Stres Picu Kenaikan Berat Badan Lebih Cepat

1. Alpukat

Sedang Stres? Tubuh Kamu Perlu 7 Asupan Ini Untuk MeredamnyaFoto: iStock

Alpukat memang termasuk buah dengan banyak nutrisi. Salah satunya tinggi kandungan vitamin B, yang dapat membantu menghilangkan stres dengan meningkatkan sel-sel saraf dan otak yang sehat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang efektif menurunkan tekanan darah.

2. Daging sapi

Daging sapi mengandung zinc sehingga bisa membantu mengurangi stres. Sebab makanan yang kaya akan zinc dikaitkan dengan manfaat turunkan rasa cemas, sehingga bisa mengurangi beban pikiran Anda. Pilihan lain makanan kaya zinc adalah tiram, kuning telur, dan kacang mete.

3. Blueberry

Sedang Stres? Tubuh Kamu Perlu 7 Asupan Ini Untuk MeredamnyaFoto: Thinkstock

Blueberry memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat menyehatkan hati Anda. Blueberry juga tinggi vitamin C, yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan kortisol yaitu hormon stres. Anda bisa mengonsumsi blueberry segar atau memadukannya dalam sajian seperti salad.

4. Kacang almond

Kacang-kacangan seperti almond memang memiliki beberapa vitamin baik. Sumber vitamin B2 dan E yang terdapat di almond dikatakan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika Anda sedang stres.

5. Ikan salmon

Sedang Stres? Tubuh Kamu Perlu 7 Asupan Ini Untuk MeredamnyaFoto: iStock

Selain rasanya enak, ikan salmon ternyata juga dikemas dengan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Manfaat lainnya adalah untuk kesehatan otak, jantung, dan sendi. Bahkan studi terbaru juga menunjukkan bahwa konsumsi ikan salmon dapat membantu mengurangi kecemasan juga.

6. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memang mengandung magnesium tinggi, yang dapat membantu Anda merasa lebih tenang. Jika Anda tidak suka sayuran hijau, Anda tetap bisa mendapatkan kandungan magnesium yang sama dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

7. Ubi Jalar

Sedang Stres? Tubuh Kamu Perlu 7 Asupan Ini Untuk MeredamnyaFoto: iStock

Dengan menambahkan ubi jalar ke dalam menu makanan Anda, termasuk salah satu cara yang bagus untuk melawan stres. Sebab ubi jalar kaya akan magnesium. Magnesium dapat membantu mengursngi peradangan di seluruh tubuh dan juga mencegah stres.

Baca Juga: Jangan Dikupas! Ternyata Kulit Ubi Jalar Punya Banyak Khasiat


Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)