Ini Dia Kandungan Karbohidrat Bayam, Timun hingga Kembang Kol

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 04 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski sedikit, sayuran juga mengandung karbohidrat. Pilihlah sayuran dengan kandungan karbohidrat rendah bagi yang sedang turunkan berat badan.

Sayuran diandalkan untuk asupan dalam pola diet sehat. Sayuran termasuk sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk kalium, serat dan vitamin C. Semua nutrisi ini menyehatkan serta dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti jantung.

Jika Anda menderita diabetes, Anda juga perlu mengetahui jumlah asupan karbohidrat Anda. Inilah 7 sayuran dengan jumlah karbohidrat rendah seperti yang telah dilansir dari Eating Well (2/9).

Baca Juga: 5 Cara Sehat Menikmati Aneka Sayuran Segar

Ini Dia Kandungan Karbohidrat Bayam, Timun hingga Kembang KolFoto: iStock

1. Bayam mentah

30 gr bayam = 1 gr karbohidrat

Bayam memiliki nutrisi paling banyak per kalori dibandingkan sayuran lainnya. Soal karbohidrat, jumlahnya juga minim. Bayam bukan hanya penuh dengan vitamin A, vitamin K dan vitamin C, namun bayam juga termasuk sayuran serbaguna. Anda bisa nikmati sayuran hijau ini dengan dimasak, direbus atau masih mentah.

2. Bawang putih mentah

1 siung = 1 gr karbohidrat

Bawang putih seringkali dijadikan sebagai bumbu. Selain memperlezat masakan, bawang putih ialah sayuran dengan khasiat sehat. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Selain itu kaya akan arginine, oligosaccharide, flavonoid, dan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan.

Senyawa aktif lainnya yang terdapat dalam bawang putih adalah allicin, senyawa inilah yang membuat napas bau setelah mengonsumsi bawang putih. Ada beberapa manfaat kesehatan dari bawang putih, salah satunya dapat melawan kanker.

Ini Dia Kandungan Karbohidrat Bayam, Timun hingga Kembang KolFoto: Istock

3. Kale mentah

67 g kale = 1,4 g karbohidrat

Kale termasuk salah satu sayuran bergizi. Kale penuh dengan antioksidan dan vitamin yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis.

Kale juga bagus untuk kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kale sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Sebab mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan secara teratur agar mata tetap sehat. Kale yang bagus berwarna hiau gelap, karena jumlah luteinnya lebih banyak dari sayuran apapun.

4. Seledri

1 tangkai besar = 1,9 g karbohidrat

Seledri penuh dengan air, serat dan mineral. Seledri dapat membantu Anda tetap terhidrasi, serta dapat turunkan tekanan darah Anda.

Seledri juga termasuk salah satu sayuran tinggi serat dan rendah kalori yang memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain seperti vitamin K, vitamin C, dan juga beberapa jenis vitamin B kompleks.

Ini Dia Kandungan Karbohidrat Bayam, Timun hingga Kembang KolFoto: Istock

5. Mentimun mentah dengan kulit

75 g timun = 1,9 g karbohidrat

Mentimun memiliki banyak manfaat kesehatan. Mentimun bagus untuk mengatur berat badan dan bisa menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dan serat pada mentimun dapat membantu melindungi dari penyakit kronis seperti kanker.

6. Jamur kancing yang dimasak

55 g jamur = 2,2 g karbohidrat

Jamur memiliki rasa seperti daging dibandingkan dengan sayuran lainnya. Jamur adalah salah satu sumber nabati vitamin D. Jamur juga penuh dengan vitamin B, kalium dan serat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus.

Selain rendah kalori, jamur juga kaya vitamin dan mineral. Jamur sering digunakan untuk mengobati penyakit tertentu dan sebagai bahan daging imitasi bagi para vegan.

Ini Dia Kandungan Karbohidrat Bayam, Timun hingga Kembang KolFoto: iStock

7. Kembang kol yang direbus

165 g kembang kol = 2,6 g karbohidrat

Kembang kol yang sudah dimasak memenuhi 37% asupan kebutuhan vitamin C harian Anda, sehingga Anda dapat meningkatkan kekebalan namun tetap mengurangi kalori.

Kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu tubuh Anda mempertahankan sistem kekebalannya. Kembang kol juga mengandung Vitamin K yang bisa melindungi kesehatan tulang. Sayuran ini kaya akan folat, kalium, magnesium, dan mineral lainnya.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmiah Kenapa Orang Tak Doyan Sayuran


Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)