Apa Benar Kopi 'Decaf' Benar-benar Bebas Kafein?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagi pencinta kopi yang sensitif kafein umumnya memilih kopi decaf atau tanpa kafein. Namun benarkah jenis kopi ini tidak mengandung kafein sama sekali?

Kopi menjadi salah satu minuman favorit untuk memulai hari agar lebih berenergi. Namun karena berbagai alasan, konsumsi harus dibatasi karena masalah kesehatan. Kandungan kafein di dalam kopi selain membawa manfaat disebut bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Kopi decaf dikatakan sebagai alternatif yang lebih sehat. Kopi decaf adalah sebutan lain untuk kopi tanpa kafein. Namun menurut MSN (1/9), kopi decaf ternyata telah terbukti mengandung kafein dalam jumlah minim. Sebab saat dipanen, biji kopi jenis apapun pasti selalu mengandung kafein.

Apa Benar Kopi 'Decaf' Benar-benar Bebas Kafein?Foto: Sean Gallup/Getty Images

Mungkin memang ada pihak yang berusaha mengembangkan varietas biji kopi tanpa kafein, namun untuk saat ini kehadiran kafein dalam pertanian biji kopi sudah pasti ada.

Terkadang, biji kopi kering ditempatkan dalam larutan yang mengandung metilen klorida atau etil asetat. Kedua senyawa ini menempel pada molekul kafein sehingga tidak ada lagi kafein dalam biji kopi. Proses ini juga dapat dilakukan dengan karbon dioksida bertekanan atau melalui "Swiss Water Technique" berbasis air.

Baca Juga: Si Hitam Pekat Tanpa Kafein

Terlepas dari metode yang digunakan, biji kopi ini memang akan melalui beberapa putaran ekstraksi untuk menipiskan kandungan kafein. Tapi tak satu pun dari metode ini yang akan bekerja secara sempurna.

Apa Benar Kopi 'Decaf' Benar-benar Bebas Kafein?Foto: iStock

Menurut beberapa penelitian ilmiah, satu cangkir kopi tanpa kafein dapat mengandung hingga 5-7 mg kafein. Sebagai perbandingan, secangkir kopi berkafein biasanya mengandung sepuluh kali lipat dari jumlah itu atau mencapai 100 mg per cangkir.

Meski jumlah kafeinnya sedikit tetap saja berpengaruh pada orang-orang dengan kondisi medis seperti insomnia, kecemasan, atau masalah hati. Tetapi bagi sebagian besar peminum kopi, sedikitnya kafein yang dikonsumsi tidak akan mengganggu beberapa masalah Anda. Bahkan ternyata, kafein tidak berpengaruh pada insomnia.

Apa Benar Kopi 'Decaf' Benar-benar Bebas Kafein?Foto: iStock

Jadi intinya, tidak ada kopi yang benar-benar tanpa kafein, sebab biji kopi yang ditanam sudah pasti mengandung kafein. Kemudian, mau kopi decaf atau kopi lainnya, harus disesuaikan kapan waktu yang tepat untuk meminum kedua jenis kopi tersebut agar tidak mengganggu masalah kesehatan Anda.

Baca Juga: Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)