Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?

Riska Fitria - detikFood Rabu, 31 Jul 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ternyata kandungan kafein pada kopi berbeda-beda. Ada kopi dengan kandungan kafein penuh dan kopi dengan sedikit kafein. Mana yang lebih sehat?

Kopi dikenal sebagai minuman yang memiliki kandungan kafein. Namun, kini populer kopi tanpa kafein atau dengan kafein sedikit yang dikenal sebagai kopi decaf?. Kopi decaf adalah kopi yang di dalamnya hampir tidak terkandung kafein.

Biasanya kopi decaf dibuat dengan melalui proses khusus yang membuat kandungan kafein berkurang sampai batas maksimal. Dalam kata lain, decaf kopi tidak 100% bebas kafein.
Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?Foto: iStock

Dilansir dari Well and Good (28/7) sebuah penelitian menemukan bahwa kopi decaf biasanya memiliki kandungan kafein sekitar 8-14 miligram saja.

Sebenarnya kafein pada kopi bermanfaat untuk fungsi kongnitif dalam tubuh yang lebih baik. Mulai dari menurunkan risiko kanker hingga membuat seseorang hidup lebih lama lagi. Begitpun dengan kopi decaf.

Menurut pakar nutrisi dan epidemiologi Dr. Rob Van Dam, MD kopi decaf memiliki banyak manfaat kesehatan yang sama dengan kopi berkafein biasa. Kopi decaf juga mengandung polifenol, klorogenat dan lignan.
Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?Foto: iStock

Kandungan tersebut berperan melawan kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh zat berbahaya, seperti sinar ultraviolet, radiasi, dan beberapa patogen. Karenanya bisa menyebabkan penurunan risiko kanker, diabetes dan penyakit jantung sekalipun.

Baca Juga : Si Hitam Pekat Tanpa Kafein

Lebih lanjut Dr. Van Dam juga membeberkan kandungan lain pada kopi decaf, yaitu kalium dan magnesium. Kedua mineral ini berfungsi untuk menjaga otot bekerja dengan baik dan mengatur kadar cairan darah tubuh dan mengurangi kortisol.

Selain itu juga ada vitamin B3 dan trigonelline untuk menenangkan, membantu melawan migrain, meningkatkan daya ingat dan menghindari tumor. Hal itu telah dibuktikah oleh studi-studi ilmiah.
Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?Foto: iStock

Hingga saat ini penelitian ilmiah belum menemukan efek merugikan yang substansial dari konsumsi kopi decaf. Jadi, mana yang lebih sehat antara kopi kefein biasa dan kopi decaf?

Dr. Van Dam mengatakan bahwa antara kedua kopi tersebut tidak bisa disebutkan mana yang lebih sehat lantaran itu semua tergantung orang yang mengonsumsinya.

"Tidak ada jawaban, karena tergantung pada individu yang meminumnya," kata Dr. Van Dam.
Apakah Kopi Decaf yang Minim Kafein Masih Punya Khasiat Sehat?Foto: iStock

Misalnya wanita yang hamil tidak boleh meminum kafein yang berlebih karena bisa berakibat fatal pada bayi yang dikandung. Namun, bagi sebagian orang lainnya yang mungkin mengalami kecemasan dan sulit tidur bisa diatasi dengan minum kopi berkafein penuh.

Secara umum baik kopi yang berkafein penuh dan kopi decaf dianggap sebagai minuman yang sama-sama menyehatkan tubuh. Namun, harus disesuaikan kapan waktu yang tepat untuk meminum kedua jenis kopi tersebut.

Baca Juga : Orzo, Kopi Italia yang aman untuk Anak-anak dan Penderita Penyakit Jantung

Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)