Makan Telur Mentah, Sehat atau Justru Berbahaya?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 29 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak sedikit orang menyukai telur mentah. Namun dari sisi kesehatan, apakah aman mengonsumsi telur yang tidak dimasak?

Pada umumnya, telur yang dimasak atau dimakan mentah sama-sama memiliki nutrisi yang mampu mengoptimalkan kesehatan Anda. Namun, jika telur mentah yang langsung dikonsumsi, apakah tetap aman atau tidak?

Sebab tidak sedikit orang konsumsi telur mentah untuk alasan kesehatan, seperti campuran jamu, susu, ataupun menjadi campuran olahan kue, yang sudah menjadi kebiasaan sejumlah orang. Telur mentah jika dicampur dengan makanan atau minuman tertentu dipercaya cukup higienis dan aman.

Makan Telur Mentah, Sehat atau Justru Berbahaya?Foto: iStock

Times of India (27/8) melaporkan, telur mentah memang telah terbukti mengandung lebih banyak vitamin D, kolin, biotin, dan seng dibandingkan dengan telur yang dimasak, karena dengan memasak telur akan menghilangkan sebagian nutrisi.

Namun salah satu penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda makan telur mentah, kemungkinan Anda tidak dapat menyerap biotin yaitu vitamin B yang larut dalam air. Telur mentah juga dikaitkan dengan banyak risiko kesehatan. Salah satunya ialah telur mentah memiliki kemungkinan terkontaminasi dengan bakteri.

Baca Juga: Ayo Tebak! Mana Lukisan Telur dan Telur Mentah Asli?

Makan Telur Mentah, Sehat atau Justru Berbahaya?Foto: iStock

Bakteri yang paling umum ditemukan dalam telur adalah salmonella, sehingga jika Anda mengkonsumsi kemungkinan akan menyebabkan keracunan makanan, dan menyebabkan efek buruk seperti diare, demam, kram perut, dan sakit kepala. Karena itu, dokter dan ahli gizi menyarankan untuk memasak telur sebelum dikonsumsi.

Agar terhindar dari penyakit ini, sebaiknya Anda memilih telur yang cangkang atau kulitnya bersih, utuh atau tidak retak. Permukaannya halus, warna telurnya tidak bernoda, bentuknya normal dan tidak berbau.

Makan Telur Mentah, Sehat atau Justru Berbahaya?Foto: iStock

Setelah membeli telur sebaiknya telur dicuci dengan air bersih. Pilih telur yang telah dipasteurisasi dan selalu simpan dalam kulkas. Yang paling penting, telur mentah tidak boleh dikonsumsi anak-anak, ibu hamil, dan orang-orang dengan sistem imunitas rendah.

Sebaiknya konsumsi telur matang karena memasak telur matang sempurna dapat membuat bakteri yang ada di dalamnya mati. Hindari konsumsi makan telur mentah karena tanpa pemanasan yang benar bakteri seperti salmonella masih akan tetap hidup.

Baca Juga: Waduh! Pria Ini Teguk 100 Butir Telur Mentah Sekaligus



Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)