Minum Jus Segar dan Teh Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 27 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit komplikasi. Selain mengonsumsi obat, minuman segar yang rasanya enak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pola makan yang tidak sehat, durasi bekerja yang panjang, dan stress adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk kesehatan tubuh terutama tekanan darah tinggi. Hipertensi berkembang ketika darah memberikan tekanan yang lebih kuat ke dinding arteri, dan kondisi ini akan menaikkan tingkat tekanan darah hingga melewati batas wajar.

Namun bukan hanya makanan, minuman juga perlu diperhatikan. Tak perlu khawatir, Resperate (12/4) telah memberikan beberapa rekomendasi minuman segar yang dapat membantu turunkan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Minum Jus Segar dan Teh Ini Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: Thinkstock

1. Teh hibiscus

Menurut ulasan sebuah penelitian tahun 2013, minum teh hibiscus atau teh kembang sepatu dikatakan dapat mengurangi tekanan darah pada orang-orang yang tekanan darahnya semakin meningkat. Penulis ulasan meyakini anthocyanin dan antioksidan lain dalam teh ini dapat bekerja sama untuk menjaga pembuluh darah tahan dari kerusakan yang menyebabkan mereka menyempit.

Kini sudah banyak campuran teh herbal yang mengandung bunga sepatu, sehingga teh tersebut menghasilkan warna merah cerah dan memberikan rasa asam. Para peneliti menyarankan untuk minum salah satu teh hibiscus yang Anda sukai dan minum tiga cangkir setiap harinya.

Namun jika Anda ingin mendapatkan manfaat penuh dari kembang sepatu, diamkan teh hibiscus selama enam menit sebelum diminum panas atau dingin. Anda bisa meminumnya dengan es dan sedikit lemon.

2. Teh hijau

Dalam sebuah penelitian, para peneliti melakukan survei yang meminta para peserta untuk minum empat cangkir teh hijau per hari selama 2 minggu sambil mempertahankan pola makan mereka yang biasa dijalani. Selama 2 minggu, tekanan darah mereka berkurang rata-rata 7,1 / 7,8mmHg.

Kemudian peneliti menyimpulkan bahwa teh hijau memang dapat menurunkan tekanan darah karena polifenol yang dikandungnya. Polifenol adalah sekelompok nutrisi nabati yang kuat.

Kemudian para peneliti juga menemukan bahwa pria dan wanita yang minum teh hiau setiap hari selama setidaknya satu tahun, maka akan jauh lebih kecil kemungkinan mereka mengalami tekanan darah tinggi.

Minum Jus Segar dan Teh Ini Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: GettyImages

3. Jus delima

Dengan minum jus delima sekitar 60 ml per hari, dikatakan dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol jahat, dan bahkan mengurangi plak di arteri Anda.

Jus delima mengandung vitamin penting dan potassium yang membantu melembutkan atau memperlancar sirkulasi darah. Delima juga dikenal mampu melawan dan meminimalisir ACE (enzim pengonversi angiotensin) yang menyempitkan pembuluh darah.

4. Jus akar bit

Dengan konsumsi satu gelas jus bit sehari ternyata secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada pasien tekanan darah tinggi. Minum jus bit 250ml sehari dapat menurunkan BP dengan 7,7 / 5.2mmHg.

Anda bisa konsumsi jus akar bit ini dengan ditambahkan 2 wortel, 1 apel dan 1 mentimun. Minuman ini sangat menyegarkan, sedikit manis tetapi dikemas dengan nitrat anorganik. Minuman ini dapat membuat arteri menjadi rileks dan terbuka sehingga menurunkan tekanan darah.

Minum Jus Segar dan Teh Ini Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: ilustrasi/thinkstock

5. Jus seledri

Jus seledri mengandung senyawa 3-n-butylphtalide atau phthalide, yang berkontribusi terhadap rasa dan aroma sayuran. Sebagai zat kimia yang memengaruhi tubuh, phthalide dapat membantu mengendurkan otot polos di dinding pembuluh darah.

Tekanan darah dapat berkurang karena pembuluh darah melebar dan memungkinkan darah mengalir lebih mudah dan lebih bebas. Disarankan agar Anda membuat jus setidaknya dari 2-4 tangkai setiap hari. Anda dapat menggabungkan ini dengan apel, wortel, dan bit untuk jus alami.

6. Jus nanas

Jus nanas dikatakan mampu mengurangi hipertensi karena adanya kalium yang cukup dan jumlah natrium yang lebih sedikit. Adanya kalium dan natrium ini adalah cara terbaik untuk memerangi tekanan darah tinggi.

Secangkir jus nanas mengandung sekitar 1 miligram sodium dan 195 miligram potassium. Jadi, disarankan untuk Anda yang menderita hipertensi, perlu minum jus nanas secara teratur.

Baca Juga: Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)