Populer Sebagai Pelangsing, Plum Kering Ditargetkan untuk Millennial

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Plum kering atau prune kini tengah populer di kalangan millennial sebagai buah pelangsing. Buah ini ternyata memang sengaja dipasarkan dengan cara semenarik mungkin.

Prune atau buah plum kering memiliki tekstur kering dan keriput. Biasanya buah ini dijadikan camilan manis nan menyehatkan karena mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral berbeda, plus serat dan antioksidan.

Plum kering juga terkenal dengan manfaatnya atasi konstipasi karena tinggi kandungan serat tak larut. Meski begitu, plum kering tinggi kalori dan gula jika dibandingkan plum segar. Konsumsinya perlu dibatasi, tak boleh lebih dari seperempat hingga setengah cup per hari.

Populer Sebagai Pelangsing, Plum Kering Ditargetkan untuk MillennialFoto: iStock

Food Dive (8/8) melaporkan kini The California Prune Board memasarkan plum kering sebagai pilihan camilan sehat sehari-hari. Executive Director Donn Zea menyarankan makan 5 sampai 6 plum kering per hari bisa menyehatkan tulang.

"Selain manfaat nutrisi, riset pasar telah menunjukkan bahwa satu-satunya hal yang menahan orang untuk makan lebih banyak buah plum kering bukanlah persepsi negatif. Tetapi lebih pada kebutuhan sederhana akan kesadaran buah kering ini yang lebih tinggi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Populer Sebagai Pelangsing, Plum Kering Ditargetkan untuk MillennialFoto: iStock

Zea menambahkan California telah menginvestasikan proses penanaman plum kering yang lebih premium, berikut kontrol kualitasnya. Juga komitmen pada pertanian berkelanjutan dan praktik kerja etis. Hal ini bisa menjadi aset pemasaran yang berharga bagi milennial pencinta lingkungan dan lainnya.

Baca Juga: Keren! Pohon Ajaib Ini Hasilkan 40 Jenis Buah Mulai Plum hingga Almond

Sementara itu, Kevin Webber selaku pendiri Fourpoints yang memproduksi energy bar berbahan plum kering, mengatakan plum kering tinggi antioksidan. Bahkan lebih tinggi dibanding buah kering lainnya yang ada di bumi.

Populer Sebagai Pelangsing, Plum Kering Ditargetkan untuk MillennialFoto: iStock

Pihaknya mengaku bekerja sama dengan California Prune Board untuk memperluas pasar plum kering California. Salah satu caranya dengan memasarkan plum kering sebagai pilihan terbaik untuk meningkatkan performa atlet.

Dari sisi pemasaran, Bloomberg menilai kampanye penjualan plum kering secara lokal di Amerika adalah upaya untuk mengatasi melemahnya ekspor plum ke China. Diharapkan produsen tetap untung dengan meningkatnya konsumsi domestik plum kering.

Plum kering terbilang mudah diolah menjadi beragam produk makanan dan minuman. Mulai dari jus, energy bar, makanan bayi, saus, dan produk bakery. Plum kering juga dibuat jadi konsentrat dan bubuk sehingga pemanfaatannya lebih luas lagi.

Baca Juga: 5 Buah Segar Kaya Nutrisi yang Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Terik



Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)