Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan Telur

Riska Fitria - detikFood Senin, 12 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memecahkan telur memang sangat mudah. Namun, sering kali orang melakukan kesalahan ini saat memecahkan telur.

Meskipun terbilang mudah, memecahkan telur ada caranya. Tak asal diketuk atau diremas hingga kulitnya pecah. Tanpa disadari beberapa kesalahan kecil saat memecahkan telur sering kali dilakukan oleh banyak orang. Sehingga cangkang telur terkadang bisa tercampur ke dalam isi telur.

Dilansir dari Today (7/8) berikut hal-hal yang perlu dilakukan saat memecahkan telur.

1. Jangan pecahkan di pinggir mangkuk
Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan TelurFoto: iStock

Memecahkan telur di sisi mangkuk yang akan diisi telur sangat tidak dianjurkan. Karena bisa membuat serpihan cangkang telur masuk ke dalam mangkuk dan akhirnya tercampur dengan isi telur. Lebih baik pecahkan telur pada permukaan yang datar, seperti meja.

Cangkang telur akan retak dan rapuh, sehingga Anda bisa membuka cangkang tersebut dengan tangan. Kemudian baru tuang telur ke dalam mangkuk. Selain terhindar sari serpihan cangkang, cara ini juga membuat tekstur telur lebih bagus saat dimasak. Juga memudahkan jika Anda ingin memisahkan antara putih dan kuning telur.

Baca Juga : Bikin Salah Kaprah, 13 Mitos Tentang Telur Ini Masih Banyak Dipercaya Orang

2. Satu tangan atau dua tangan?
Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan TelurFoto: iStock

Sebenarnya tidak ada aturan harus memakai berapa tangan saat memecahkan telur. Teknik satu atau dua tangan bisa dilakukan tergantung pada keahlian masing-masing. Jika masih awam, ada baiknya menggunakan dua tangan. Sehingga telur akan keluar dengan sempurna dan pastikan serpihan cangkang tidak tercampur.

Namun, para koki handal biasanya menggunakan teknik satu tangan. Teknik tersebut dinilai lebih praktis, apalagi saat harus banyak memecahkan telur sehingga waktunya lebih singkat.

3. Memisahkan kuning dan putih telur
Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan TelurFoto: iStock

Biasanya memisahkan kuning telur dilakukan untuk kepentingan bahan masakan tertentu. Namun, sering kali cara seperti ini bisa menimbulkan masalah. Memisahkan kuning dan putih telur dengan menggunakan cangkangnya ternyata sudah tidak dianjurkan lagi. Karena ada bakteri yang menempel pada bagian luar cangkang telur dan dikhawatirkan bisa mencemari isi telur.

Cara baiknya adalah menggunakan telapak tangan Anda sendiri. Sebelum itu pastikan tangan bersih. Kemudian pecahkan telur dan letakkan di atas telapak tangan. Telungkupkan telapak tangan itu sambil digoyangkan ke atas dan ke bawah dan biarkan putih telur jatuh melalui sela-sela jari.

4. Singkirkan cangkang
Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan TelurFoto: iStock

Tercampurnya cangkang telur ke dalam isi telur sering kali terjadi. Ketika sudah tercampur, jangan sembarangan mengambilnya. Untuk mengambil serpihan cangkang tersebut bisa menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih. Agar bakteri pada tangan tidak menyebar ke isi telur.

Selain itu, pastikan tangan benar-benar basah. Karena putih telur akan cenderung menempel pada jari yang kering. Itu bisa menyulitkan ketika mengambil serpihan cangkan telur. Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyaringnya dengan saringan telur.

Baca Juga : Jangan Buang Kulit Telur! Karena Kaya Nutrisi Sebaiknya Dimakan Saja
https://food.detik.com/info-sehat/d-3482011/jangan-buang-kulit-telur-karena-kaya-nutrisi-sebaiknya-dimakan-saja

Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)