Ini Sebabnya Buah dan Sayur Harus Dicuci Sebelum Dimakan

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebelum dikonsumsi, buah dan sayur harus dicuci terlebih dulu. Hal ini penting guna mencegah paparan bakteri yang masih menempel pada buah dan sayur.

Times of India (5/8) melaporkan, sebelum dimakan atau dimasak, buah dan sayur perlu dicuci dengan air terlebih dahulu. Centers for Disease Control (CDC) juga mengatakan demikian, agar menghindari norovirus, penyakit yang disebabkan oleh makanan, dan penyebab utama wabah penyakit dari makanan yang terkontaminasi.

Cara yang bisa dilakukan ialah dengan mencuci buah dan sayur dengan air dingin selama satu hingga dua menit sebelum dimakan. Bahkan sebelumnya Anda juga perlu mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, supaya bisa menghilangkan bakteri atau virus yang ada di tangan yang dapat ditransfer ke makanan. Kemudian keringkan semua buah dan sayur dengan handuk bersih atau serbet kertas untuk mengurangi bakteri.

Ini Sebabnya Buah dan Sayur Harus Dicuci Sebelum DimakanFoto: iStock

Baca Juga: Sebelum Belanja, Cek Dulu 10 Tips Memilih Sayur dan Buah Ini

Hal ini dilakukan supaya mencegah penyebaran kuman di rumah Anda dari buah dan sayur tersebut.

"Karena buah dan sayur yang Anda beli pasti melalui banyak tangan dan lingkungan lain sebelum Anda masukkan ke dalam keranjang belanja Anda. Maka dari itu, paparan kuman lebih tinggi," kata Yakas, ahli mikrobiologi.

Bukan hanya itu, sebagian besar hasil bumi ini ditanam di pertanian luar ruangan, sehingga semua elemen alam dapat bersentuhan dengan buah dan sayuran yang ditanam. Buah dan sayuran juga bisa mengandung serangga kecil yang harus dibersihkan sebelum dimakan.

Ini Sebabnya Buah dan Sayur Harus Dicuci Sebelum DimakanFoto: iStock

Dan yang lebih parahnya, buah dan sayur yang ditanam biasanya diberikan herbisida dan pestisida. Bahan kimia ini disemprotkan untuk mengusir serangga, yang kemungkinan besar juga ada di kulit buah dan sayuran.

Maka dengan mencucinya akan menghilangkan sebagian bahan kimia itu dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh. Sebab pestisida bisa berbahaya jika tertelan dalam jumlah besar, jadi dengan mencuci dapat membantu menghilangkan bahan kimia dari permukaan buah dan sayur.

Baca Juga: Ini Alasan Ilmiah Kenapa Orang Tak Doyan Sayuran


Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)