Cegah Sembelit dengan 5 Trik Makan dan Minum Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sembelit membuat perut tidak nyaman karena terhambatnya proses buang air besar. Karenanya penting untuk perhatikan 5 hal ini untuk mencegah sembelit.

Sembelit alias konstipasi sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan pola makan yang kurang baik hingga alami kesulitan buang air besar. Jika tidak buang air besar lebih dari tiga hari, maka bisa disebut sembelit.

Gejala sembelit yang umum adalah kembung dan gas berlebih. Semakin tua usia atau semakin jarang beraktivitas fisik, risiko sembelit lebih besar. Jika terlalu sering sembelit, maka bisa membayahakan tubuh.

US News (2/8) melaporkan, inilah 5 hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah sembelit. Semuanya terkait pola makan dan minum yang sebaiknya rutin dilakukan setiap hari.

Cegah Sembelit dengan 5 Trik Makan dan Minum IniFoto: Thinkstock

1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat

Jika Anda merasa susah buang air besar, disarankan untuk mengasup setidaknya 20 hingga 35 gram serat per hari. Jumlah ini tergantung asupan kalori harian kata ahli gizi Molly Kimball. Dia meminta kepada pasiennya untuk secara bertahap meningkatkan asupan serat mereka.

Atau Anda bisa konsumsi dua makanan yang lebih kaya serat larut, yang menyerap air, seperti oatmeal, kacang-kacangan dan blueberry atau raspberry. Dan makanan yang lebih kaya serat tidak larut dan tidak menyerap air. Contohnya roti gandum dan buah dengan kulitnya 100%. Dengan pola makan ini akan membantu Anda buang air besar dengan mudah.

2. Tetap terhidrasi

"Jika Anda benar-benar mengalami dehidrasi, Anda tentu akan mengalami sembelit," kata Foxx-Orenstein. Sebagian orang sering memiliki banyak serat namun cairannya sangat sedikit, maka kata para ahli hal ini bisa sebabkan sembelit.

Namun jika tingkat hidrasi normal sudah mencukupi, maka Anda tidak akan membuang air terlalu banyak. "Salah satu hal yang perlu Anda tahu ialah dengan meningkatkan asupan cairan Anda, sehingga mampu meringankan sembelit Anda," katanya.

Cegah Sembelit dengan 5 Trik Makan dan Minum IniFoto: iStock

3. Ketika baru bangun di pagi hari, mulailah hari dengan minum minuman panas dan buang air

Untuk menghindari sembelit, Anda bisa sarapan dengan makanan dan minuman panas seperti kopi atau teh, kata Foxx-Orenstein. Jika Anda minum minuman berkafein di pagi hari, semua akan merangsang aktivitas kolon untuk memulai hari Anda dengan buang air besar.

4. Konsumsi probiotik

Kimball mengatakan yogurt jenis apa pun mampu menjadi sumber probiotik yang membantu meringankan sembelit. "Saya biasanya menggunakan Greek yogurt rendah gula," katanya. Anda bisa campurkan ke dalam smoothies dengan susu vanila almond tanpa pemanis, kemudian bisa masukkan beberapa sendok makan bubuk flax seed atau biji rami. Sehingga bisa memompa aktivitas di usus besar Anda.

Anda juga bisa dapatkan probiotik dari sumber lain, seperti dari keju cottage atau teh fermentasi.

Cegah Sembelit dengan 5 Trik Makan dan Minum IniFoto: iStock

5. Lakukan diet sehat

Meskipun makanan dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda, para ahli gastrointestinal dan diet mengatakan bahwa diet tinggi protein, diet tanpa karbohidrat, diet yang sangat rendah lemak, ataupun diet tanpa lemak semuanya bisa sebabkan sembelit.

"Saya telah menemukan bahwa begitu banyak pasien saya mengalami sembelit ketika mereka melakukan diet yang benar-benar tanpa lemak atau sangat rendah lemak," kata Dubner.

Maka untuk mengatasinya, Dubner merekomendasikan untuk makan makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun. Para ahli juga mengatakan penting untuk makan campuran makanan sehat, seperti dengan biji-bijian.




Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)