Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Badan Naik, Ini Syaratnya

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 07 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak orang percaya tidak mengonsumsi karbohidrat seperti pasta efektif turunkan berat badan. Rupanya, hal ini tak sepenuhnya benar.

Times of India (5/8) melaporkan, ada sebuah studi yang membuktikan bahwa konsumsi pasta saat melakukan program diet justru mampu mengurangi kelebihan kalori di tubuh. Penelitian ini diikuti oleh 2.488 partisipan dan telah dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open.

Penelitian dilakukan dengan mengukur berat badan dan indeks massa tubuh peserta yang didapatkan dari 30 uji coba terkontrol secara acak. Para peserta juga diminta untuk mengonsumsi sekitar 3,3 porsi atau setara 64 gram pasta matang dalam seminggu, dan juga mempertahankan pola makan rendah glikemik.

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Badan Naik, Ini SyaratnyaFoto: iStock

Kemudian para peneliti menemukan bahwa para peserta dalam percobaan ini, berat badannya turun sekitar 0,5 kg selama 12 minggu.

Meskipun banyak orang percaya bahwa karbohidrat sangat berpengaruh terhadap kenaikkan berat badan. Namun jika Anda memilih jenis karbohidrat yang tepat, karbohidrat justru bantu turunkan berat badan dengan cara mencegah rasa lapar dan pasta adalah salah satunya.

Baca Juga: 5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Pasta memiliki indeks glikemik rendah, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang lebih kecil daripada sebagian besar karbohidrat olahan lainnya, seperti nasi dan roti.

Makan Pasta 3 Kali Seminggu Tak Bikin Berat Badan Naik, Ini SyaratnyaFoto: iStock

"Studi ini juga menemukan bahwa pasta tidak berkontribusi terhadap kenaikkan berat badan atau peningkatan lemak di tubuh. Jadi mungkin pasta bisa menjadi bagian dari diet sehat seperti diet rendah Indeksi Glikemik," kata pemimpin penulis Dr. John Sievenpiper, seorang ilmuwan nutrisi.

Namun jika Anda tetap ragu terhadap pasta yang dibuat di restoran, Anda bisa membuatnya sendiri. Mungkin saja pasta di restoran cenderung menggunakan garam berlebih dan saus lemak yang tidak sehat. Anda bisa membuat sendiri dengan menggunakan pasta gandum untuk meningkatkan kesehatan Anda karena akan memberikan karbohidrat baik, zat besi, serat, vitamin dan mineral penting lainnya. Hindari menambahkan terlalu banyak keju.

Baca Juga: 5 Resep Pasta Gaya Resto yang Praktis dan Enak

Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)