Sehatkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang sarapan hanya dengan minum susu saja. Tapi sebenarnya sehatkah minum susu di pagi hari saat perut masih kosong?

Beberapa waktu yang lalu susu disebut kurang sehat jika diminum di malam hari sebelum tidur. Alasannya karena susu dapat memperlambat sistem pencernaan, hingga menimbulkan masalah lambung bagi sebagian orang.

Baca Juga: Apakah Orang Dewasa Masih Perlu Minum Susu Tiap Pagi?
Sehatkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?Foto: iStock

Tapi apakah efek tersebut juga berlaku jika orang meminum susu dalam perut kosong? Dilansir dari Food NDTV (05/08), meminum susu untuk sarapan ternyata tidak dilarang.

"Susu merupakan makanan yang lengkap. Biasanya banyak orang yang memulai hari dengan segelas susu. Bagi mereka yang tidak memiliki intoleransi laktosa, meminum susu di pagi hari bisa menambah asupan nutrisi penting untuk mengawali hari," jelas Dokter Rupali Datta, selaku konsultan nutrisi asal India.

Namun Rupali tidak menyarankan bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, atau orang-orang yang sulit mencerna laktosa. Karena hal ini akan membuat mereka sakit perut, hingga mengalami masalah pada lambung.
Sehatkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?Foto: iStock

Selain itu ahlu gizi lainnya juga juga tidak terlalu menganjurkan konsumsi susu untuk mengawali hari. Ia merekomendasikan sesuatu yang lebih ringan dan sehat, seperti air lemon atau cuka apel.

"Setelah minum air lemon atau cuka apel, baru bisa konsumsi susu dengan sereal atau makanan lainnya. Menurut saya, jika perut kosong, Anda harus mengisinya dengan sesuatu yang ringan dan punya sistem membersihkan atau detoks," jelas Shilpa Arora ND, selaku Macrobiotic Nutritionist and Health Practitioner dari India.

Susu sendiri tinggi akan protein, sehingga ketika meminumnya dalam kondisi perut kosong. Asupan protein ini justru tak akan maksimal. Cara yang paling benar adalah, dengan meminum susu bersama makanan lainnya, seperti roti, atau makanan yang mengandung gandum.
Sehatkah Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong?Foto: iStock
Secara keseluruhan setiap manusia memiliki reaksi tubuh yang berbeda terhadap susu. Sehingga pola sarapan dengan susu di pagi hari ini, bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

"Jadi cara yang paling tepat adalah dengan mendengarkan tubuh Anda sendiri. Anda akan tahu jika Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu dalam perut yang kosong bisa meningkatkan energi, atau justru membuat Anda lemas," pungkas Rupali.

Baca Juga: Susu Bukan Satu-satunya Makanan Sumber Kalsium

Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)