Jangan Langsung Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Kaya Manfaat

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 06 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak kulit buah yang dibuang karena dianggap tidak dapat dimakan. Padahal ada beberapa kulit yang justru mengandung nutrisi sehat, salah satunya kulit jeruk.

Jeruk termasuk salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kesegaran dari jeruk ini memang memiliki banyak manfaat, seperti bantu turunkan berat badan dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk ternyata juga kaya akan serat, vitamin C, folat, vitamin B6, kalsium dan nutrisi penting lainnya. Kulit jeruk mengandung polifenol yang mampu melindungi dari berbagai penyakit. Bahkan kulit jeruk juga memiliki sifat anti-kanker, karena adanya limonene, bahan kimia yang ada pada kulit jeruk.
Jangan Langsung Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Kaya ManfaatFoto: Istimewa

Times of India (2/8) melaporkan, dari sekian banyaknya manfaat yang ada pada kulit jeruk, kulit jeruk ternyata tetap aman dikonsumsi. Namun perlu dicuci dengan air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida berbahaya yang ada pada kulit jeruk.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

Dalam konsumsi kulit jeruk juga perlu diperhatikan, karena kulit jeruk memiliki tekstur yang keras, sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan dan saat dicerna.
Jangan Langsung Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Kaya ManfaatFoto: Istimewa

Solusinya, jika Anda ingin konsumsi langsung, Anda perlu mencuci dan memotongnya hingga kecil dan tipis. Untuk menghindari rasa pahit, Anda bisa tambahkan kulit jeruk ini pada salad atau sandwich Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa strip kulit jeruk tipis ke smoothie atau minuman lainnya.

Atau yang paling mudah jika Anda ingin konsumsi kulit jeruk secara aman, Anda bisa konsumsi dalam bentuk selai. Selai jeruk yang biasa dijual memiliki semua manfaat nutrisi dari jeruk hingga kulit jeruknya.

Baca Juga: Limbah Kulit Jeruk Ternyata Bisa Dipakai untuk Membuat Roti Sehat



Simak Video "Seruput Es Jeruk Habis Makan Udang Bikin Keracunan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)