Bolehkah Daging Beku yang Sudah Lumer Dibekukan Lagi?

Riska Fitria - detikFood Senin, 05 Agu 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Padamnya aliran listrik yang lama membuat daging beku di freezer melumer. Lalu apakah daging ini bisa dibekukan lagi? Ini penjelasannya.

Pemadaman listrik secara massal baru saja dialami oleh warga Jabodetabek, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah, Minggu (4/8). Hal itu terjadi lantaran adanya gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran dan Pemalang.

Kejadian tersebut tentunya berimbas pada banyak hal. Salahnya satunya pada kulkas dan freezer yang dipakai untuk menyimpan bahan makanan seperti daging.
Bolehkah Daging Beku yang Sudah Lumer Dibekukan Lagi? Foto: iStock

Daging yang disimpan dalam freezer menjadi beku. Saat kulkas mati dalam waktu 15 jam, daging tersebut tentunya akan mulai lumer. Ada yang menyebutkan jika membekukan kembali daging yang sudah lumer itu berbahaya. Ternyata itu hanya mitos.

Baca Juga : Ini Cara Tepat Melumerkan Daging Beku Sebelum Diolah

Menurut CSIRO, membekukan kembali daging baik daging sapi atau ayam sangat aman untuk dilakukan. Namun, akan ada hal yang berbeda pada rasa ketika daging tersebut dimasak. Karena daging yang sudah leleh bisa menjadi sedikit lembek.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa tips saat memasaknya. Pertama, yang perlu diperhatikan adalah uap 'pre-freezer'. Jika Anda memasak daging yang sudah leleh dan ingin menyegarkan kembali dengan membekukannya, jangan masukkan daging ke dalam wadah saat masih panas.
Bolehkah Daging Beku yang Sudah Lumer Dibekukan Lagi? Foto: iStock

Hal itu bisa menciptakan kondensasi atau pengembunan dari perubahan benda, sehingga bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dengan sempurna.

Kemudian untuk menghilangkan bakteri jangan lakukan dengan mencuci daging, karena percikan air pada daging justru bisa meningkatkan risiko bakteri yang berbahaya. Lebih baik lakukan dengan cara direndam dengan air dingin, kemudian panaskan daging di atas titik didih untuk membunuh bakteri yang ada.

Selain itu juga perhatian masa berapa lama daging tersebut disimpan dalam kulkas. Daging masih dapat dikonsumsi asalkan tidak disimpan dalam kulkas lebih dari 12 bulan. Jika sudah melewati batas, lebih baik untuk membuang daging tersebut.
Bolehkah Daging Beku yang Sudah Lumer Dibekukan Lagi? Foto: iStock

Jika daging sapi atau ayam terlanjur lumer, Anda bisa mengolahnya menjadi rendang, semur daging, sup atau bumbu kecap. Selanjutnya masakan ini bisa disimpan dalam wadah tertutup dan ditaruh kulkas atau freezer.

Pilihlah jenis masakan yang awet disimpan dan berbumbu. Taruh dalam kemasan sekali sajian. Jika listrik padam lagi, makanan ini masih bisa dihangatkan berulang tanpa kehilangan rasa lezatnya.

Baca Juga : Daging Beku yang Dilumerkan Bisa Dibekukan Lagi? Ini 6 Mitos Daging Beku yang Perlu Diketahui

Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)