Ini Cara Tepat Melumerkan Daging Beku Sebelum Diolah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 13 Jun 2016 19:25 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang memilih daging beku untuk stok ramadan karena awet. Namun diperlukan trik pelumeran yang tepat agar kualitas daging tetap terjaga dan tidak tercemar bakteri.

Melumerkan daging beku tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang sering dipraktekkan diantaranya merendam daging beku dalam air dingin, memanaskan dalam oven microwave, dan memindahkannya dari freezer ke chiller (low defrost).

Mengenai teknik pelumeran terbaik, Chef Stefu Santoso selaku Exective Chef APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant menjelaskan, "Cara yang paling baik ialah menyimpan daging beku di chiller selama kurang lebih 1 x 24 jam. Hingga dagingnya kembali menjadi tidak beku."

Kepada detikFood (13/6) ia menambahkan sebaiknya daging disimpan dalam keadaan ter-vacum atau tertutup rapat dengan plastik. Hal ini berguna untuk mencegah tetesan jus daging mencemari bahan makanan sekitar.

Hal senada juga dilontarkan Chief Representative Meat & Livestock Australia (MLA), Isye Iriani saat dihubungi detikFood (9/6). "Daging beku jadi pilihan terbaik jika tidak ingin mengolah daging segera. Berbeda dengan daging segar yang bisa langsung dimasak, daging beku harus dipindahkan dulu ke kulkas bawah (chiller)," tutur Isye.

Karenanya menurut Isye penting untuk memiliki rencana kapan dan berapa jumlah daging beku yang akan dimasak. "Ini menyangkut kualitas daging yang tidak boleh dibekukan kembali jika sudah dilumerkan dalam chiller."

"Jika direndam dalam air atau dipanaskan dalam oven microwave, kualitas dan higienitas daging beku kurang baik," pungkas Chef Stefu saat ditanya mengenai metode pelumeran daging beku lain. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com