Kenapa Jelang Haid Wanita Ngidam Berat Makan Junk Food?

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 29 Jul 2019 07:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Bagi kaum hawa keinginan makan junk food alias makanan cepat saji cenderung meningkat jelang menstruasi. Fenomena ini punya alasan ilmiah.

Saat sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS), biasanya ada hal-hal aneh yang terjadi. Mulai dari munculnya jerawat hingga perubahan yang paling menonjol yaitu mendadak ingin makan junk food.

PMS merupakan sejumlah sindrom yang dialami wanita menjelang haid. Sindrom tersebut muncul akibat dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh wanita. Dan soal mendadak ingin makan junk food ketika sedang PMS pun ternyata ada alasan ilmiahnya.

Times of India (24/7) melaporkan, studi yang membuktikan hal ini pertama kali ialah penelitian tahun 1953 yang mengungkap bahwa wanita sering makan makanan junk food karena berupaya mengalihkan pikirannya.

Penelitian selanjutnya juga menunjukkan bahwa makanan adalah cara termudah untuk mengalihkan pikiran saat sedang sakit haid. Telah ditemukan juga bahwa peningkatan asupan dari makanan dapat mencapai 500 kalori ekstra per hari.

Pada umumnya, PMS terjadi karena disebabkan oleh fluktuasi hormon dan mereka mempengaruhi pesan di otak yang disebut neurotransmitter. Gejala-gejala PMS adalah cara kedua dari siklus menstruasi yang dimulai dengan pelepasan sel telur saat ovulasi dan akan berakhir ketika menstruasi mulai.

Baca Juga: Minuman Bertema Pembalut dan Darah Menstruasi Ini Memicu Kontroversi

Kenapa Jelang Haid Wanita Ngidam Berat Makan Junk Food?Foto: Thinkstock


Alasan mengapa saat sedang PMS perempuan cenderung makan makanan junk food, karena dengan makan akan membantu mereka melupakan pikiran dari nyeri haid dan ini berhubungan erat dengan terapi farmakologis.

Bahkan juga telah terbukti bahwa dengan makan junk food terutama yang kaya karbohidrat, akan menghasilkan kadar serotonin, neurotransmitter dalam sistem saraf Anda yang dapat berkontribusi pada perasaan yang lebih baik. Artinya, dengan meningkatkan asupan karbohidrat, wanita akan memiliki memiliki perasaan lebih baik.

Kenapa Jelang Haid Wanita Ngidam Berat Makan Junk Food?Foto: iStock


Bukan hanya itu, saat PMS wanita juga cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini terjadi ketika kadar estrogen Anda sedang rendah dan kadar progesteronnya tinggi. Para peneliti mengatakan, makanan yang diinginkan saat PMS itu telah diatur oleh hormon.

Menurut para ahli, sering makan saat PMS dapat dikontrol sesuai dengan tubuh Anda dengan batas tertentu. Namun jika Anda mengubah gaya hidup, maka bisa membantu menyeimbangkan dan meminimalkan gejala yang tidak diinginkan terkait dengan siklus menstruasi. Anda bisa atur dengan berolahraga yang rajin atau relaksasi.

Baca Juga: Ngeri! Begini Jawaban Cewek PMS Saat Ditanya Makan Apa

Simak Video "Ingat Bedakan Junk Food dan Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/adr)