Pria Ini Tewas Usai Minum Air Es Setelah Olahraga, Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pria 48 tahun di China tewas usai main bola dan minum air es. Banyak orang menduga air es jadi penyebab kematiannya. Seperti apa faktanya?

Rutin olahraga memang baik untuk kesehatan, namun saat kondisi tubuh sedang tidak kondusif, bukan tidak mungkin justru berakibat fatal. Seperti yang dialami seorang pria asal Provinsi Jiangxi, China. World of Buzz (26/7) melaporkan pria 48 tahun itu tewas usai main bola bersama teman-temannya.

Peristiwa itu terjadi pada 17 Juli 2019. Ia kabarnya menjalani sesi main bola yang intens. Setelah itu, ia dan teman-temannya mampir ke gerai BBQ untuk makan. Salah satu teman si pria kemudian bilang kalau wajahnya sedikit pucat padahal ia tidak mengonsumsi minuman alkohol.

Pria Ini Tewas Usai Minum Air Es Setelah Olahraga, Ini FaktanyaFoto: (Thinkstock)

Pria itu diketahui memesan air es. Tapi setelah meminum beberapa teguk, tiba-tiba si pria jatuh ke lantai restoran dan tak sadarkan diri. Temannya panik dan mencari bantuan. Untungnya ada dokter yang sedang makan di sana langsung melakukan penanganan darurat.

Baca Juga: Minum Air Es Usai Makan Katanya Bisa Bikin Tubuh Gendut, Benarkah?

Sayang, nasib sang pria tak bisa diselamatkan. Ia tewas di tempat tak lama setelah minum air es. Karena peristiwa ini, banyak netizen di China kaget dan menduga air es sebagai penyebab kematian. Apalagi pria itu sebelumnya jalani olahraga berat.

Pria Ini Tewas Usai Minum Air Es Setelah Olahraga, Ini FaktanyaFoto: Istimewa

Beberapa netizen mengatakan air es mungkin 'mengejutkan' tubuh pria tersebut yang kondisinya sedang 'terlalu panas' usai berolahraga. Ditinjau dari sisi medis, benarkah minum air es bisa membuat seseorang tewas usai olahraga?

Dihubungi detikFood (26/7), Dr Tan Shot Yen memberi pandangannya. Wanita yang mengambil S3 Gizi Komunitas ini menyebut, pria itu mungkin meninggal karena beberapa sebab.

"Salah satunya kasus brain freeze yang dia nggak bisa kendalikan. Dalam situasi brain freeze, segala sesuatu bisa terjadi. Pembuluh darahnya pecah. Sialnya jika di pembuluh darah otak, kejadiannya mirip stroke. Atau penyempitan yang nggak bisa balik lagi (stroke karena penyumbatan)," ujar Dr Tan.

Pria Ini Tewas Usai Minum Air Es Setelah Olahraga, Ini FaktanyaFoto: Istimewa

Hal kedua yang mungkin jadi penyebab adalah refleks vagal. Refleks ini berkaitan dengan vagus, saraf otak ke-10. Refleks vagal terdiri atas trias: batuk, muntah, pingsan.

"Refleks vagal terstimulasi dengan banyak hal. Salah satunya bisa dengan minuman yang amat dingin dan diminum terburu-buru sehingga menyebabkan henti jantung mendadak," jelas Dr Tan.

Secara keseluruhan, air es atau minuman dingin memang tidak disarankan untuk dikonsumsi usai olahraga. Hal ini bisa memicu rasa haus berlebih atau timbulkan keram. Lebih baik konsumsi minuman bersuhu ruangan atau tidak terlalu dingin.

Baca Juga: Ini Sebabnya Anda Harus Kurangi Minum Air Dingin


Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)