Keju Cottage yang Kaya Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 15 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Cottage cheese terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa asam segar. Keju ini ternyata mengandung banyak nutrisi. Salah satunya protein dalam jumlah tinggi.

Cottage cheese adalah keju segar yang terbuat dari dadih dengan rasa asam. Dalam pembuatannya, cottage cheese mengandalkan penggumpalan yang terjadi pada susu hangat dan tidak menambahkan rennet dalam proses pembuatannya.

Keju Cottage yang Kaya Protein Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Istock

Pencinta keju juga bisa membuat cottage cheese sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan mudah yaitu susu segar dan lemon atau cuka dapur. Cottage cheese sendiri bisa dipakai untuk banyak makanan. Misalnya jadi campuran cheesecake, olesan roti, hingga sumber protein pada racikan smoothies sehat.

Dilansir dari Prevention (27/6), ahli gizi menganggap cottage cheese sebagai sumber protein yang sangat bagus untuk dijadikan camilan atau ditambahkan ke dalam beberapa resep favorit Anda.

Ada alasan bagus mengapa ahli gizi seperti Regina Ragone yang berbasis di New York menyebut cottage cheese sebagai makanan penuh kandungan nutrisi.

"Cottage cheese memiliki semua kandungan yang dibutuhkan tubuh, yaitu tinggi protein, rendah gula, dan karbohidrat. Bahkan sangat bagus bagi mereka yang jalani diet keto," kata Ragone.

Baca Juga: Ini Pengakuan Jujur Tentang Diet Keto dari Kourtney Kadarshian

Keju Cottage yang Kaya Protein Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Istock

Ragone menyarankan untuk memilih cottage cheese dengan lemak penuh. Karena versi tanpa lemak memiliki lebih sedikit protein dan mengandung stabilisator, yang tidak akan memuaskan rasa lapar dan rasanya kurang enak.

Satu cangkir cottage cheese memiliki 27 gram protein dengan 195 kalori. "Cottage cheese akan membuat Anda cepat merasa kenyang, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Ditambah lagi, cottage cheese juga memiliki banyak vitamin dan mineral, seperti B12, selenium, dan riboflavin," kata ahli gizi Lindsey Pine, MS, RDN. Kandungan ini juga dapat membantu Anda mendapatkan kebutuhan kalsium harian, yang bukan hanya baik untuk tulang, namun juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Keju Cottage yang Kaya Protein Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Istock

Keju ini aman dikonsumsi setiap harinya. Cocok dikonsumsi sebagai camilan setelah olahraga karena mengandung kasein, protein yang dicerna lambat yang biasa digunakan dalam beberapa bubuk protein. Pine mengatakan, cottage cheese juga bisa ditambahkan dengan buah supaya mendapatkan kombo protein-karbohidrat yang bagus untuk otot dan energi.

"Cottage cheese kaya akan asam amino leusin, yang dapat masuk ke otot dengan mudah dan memicu sintesis protein otot," kata Pine. Cottage cheese akan lebih baik jika menjadi camilan di malam hari. Sebuah penelitian dari para peneliti Florida State, mengatakan bahwa memakan cottage cheese sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pemulihan otot.

Baca Juga: Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori Warna


Simak Video "Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)