Jika Dimakan Berlebihan Buah Anggur Bisa Sebabkan 5 Gangguan Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 19:24 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah anggur manis dan renyah rasanya. Meski rendah kalori tapi makan buah anggur berlebihan bisa sebabkan berbagai penyakit.

Rasanya yang manis dan renyah membuat buah anggur banyak disukai. Selain itu anggur juga mengandung vitamin, protein, serat dan mineral sebagai antioksidan. Namun, siapa sangka buah mungil yang dikenal bebas lemak ini bisa berisiko jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

Buah anggur ada beberapa jenis dan punya nutrisi berbeda. Seperti anggur merah yang mengandung resveratrol sebagai antioksidan. Keduanya sangat baik mencegah penyakit jantung. Selain itu juga ada anggur hijau yang kaya akan protein dan serat yang bisa bantu menurunkan berat badan.

Meskipun kaya akan nutrisi dan manfaat sehat, tetap saja harus dibatasi konsumsinya. Maksimal dalam sehari 30-50 butir buah anggur. Tetapi jika berlebihan bisa memicu munculnya 5 gangguan kesehatan ini seperti dikutip dari times of india (8/7).

Baca Juga : Anggur Hitam Lebih Tinggi Antioksidan Dibanding Anggur Hijau

1. Diare atau sembelit
Jika Dimakan Berlebihan Buah Anggur Bisa Sebabkan 5 Gangguan IniFoto: iStock

Diare dapat disebabkan lantaran buah anggur tinggi akan gula alami. Jika kandungan gula yang tinggi tersebut dimakan dalam porsi yang banyak bisa menyebabkan diare. Selain itu kandungan serat di dalamnya ternyata tidak larut dan bisa mengganggu fungsi pencernaan yang akhirnya menyebabkan diare atau sembelit

2. Sakit Perut
Jika Dimakan Berlebihan Buah Anggur Bisa Sebabkan 5 Gangguan IniFoto: iStock

Hati-hari jika mengonsumsi buah anggur. Pasalnya jika bijinya ikut tertelan dalam perut, itu tidak akan tercerna sehingga bisa menimbulkan sakit perut yang serius. Bahkan bisa-bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti apedisitis atau usus buntu. Selain itu usus akan mengalami iritasi karena mengonsumsi secara berlebih.

3. Berat Badan Bertambah
Jika Dimakan Berlebihan Buah Anggur Bisa Sebabkan 5 Gangguan IniFoto: iStock

Meskipun kaya akan serat dan rendah kalori makan anggur berlebih juga bisa menaikkan berat badan secara signifikan. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kadar gula alami yang menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah.

4.Alergi
Jika Dimakan Berlebihan Buah Anggur Bisa Sebabkan 5 Gangguan IniFoto: iStock

Alergi juga bisa terjadi jika makan anggur dalam jumlah yang banyak. Itu karena kandungan protein di dalam bertanggung jawab atas reaksi alergi yang terjadi. Alergi tersebut terjadi dengan bercak merah pada kulit, sakit kepala, muntah atau bahkan bisa sampai kesulitan bernafas. Kabarnya serangan ini juga bisa mengancam jiwa.

5. Lambung
Makan anggur saat perut kosong sangat tidak disarankan. Apalagi makan dalam jumlah yang banyak. Karena jika itu terjadi akan menyebabkan keasaman dan juga mengganggu lapisan gastro-intestinal salisilat. Anggur juga dapat menyebabkan iritasi di perut.

Baca Juga : Ditemukan Tembikar Bermotif Anggur, Ternyata Wine Sudah Ada Sejak 8.000 Tahun Lalu



Simak Video "Menyantap Gurih Mulur Bakmi China Halal 'Wo Ai Mie'"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)