Mengandung Gula dan Rasanya Manis, Kenapa Buah Tetap Menyehatkan?

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 21 Jun 2019 11:20 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Mengandung gula, akan tetapi buah segar tetap jadi makanan yang menyehatkan. Bahkan dianjurkan dikonsumsi tiap hari. Mengapa?

Terlalu banyak konsumsi gula bisa berisiko tambahnya berat badan. Maka bagi Anda yang sedang diet, tentu sangat menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula.

Namun, ada satu jenis gula yang ternyata tetap baik dikonsumsi meskipun sedang progam penurunan berat badan yaitu buah.

Mengandung Gula dan Rasanya Manis, Kenapa Buah Tetap Menyehatkan?Foto: iStock

Buah dikenal dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena kandungan gulanya. Tetapi perlu diingat, gula yang ada dalam buah, muncul secara alami dan jelas sangat berbeda dengan gula dalam kemasan makanan atau minuman. Gula yang muncul secara alami juga dapat ditemukan dalam susu dan sayuran.

Baca Juga: Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan Ini 10 Alasan Sehatnya

Bahkan dengan mengkonsumsi buah dikatakan dapat meningkatkan kesehatan jantung, perlindungan dari penyakit kronis dan mendapakan berat badan yang sehat. Dan hampir semua organisasi kesehatan menyarankan untuk makan buah setiap hari supaya tetap fit.

Buah juga merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan kuat yang menangkal peradangan dan penyakit kronis. Misalnya kekuatan antioksidan pada buah apel, mereka dikenal dapat melawan beberapa jenis kanker.

"Ini sangat lucu, ketika ada yang menganggap gula pada buah sangat tidak baik untuk tubuh, dan mengira bahwa buah sangat tidak sehat karena kandungan gulanya," ucap editor nutrisi EatingWell, Lisa Valente.

"Jika Anda sangat memperhatikan asupan gula atau karbohidrat, Anda tentu akan lebih berhati-hati dalam konsumsi buah, padahal itu tidak benar. Cobalah untuk konsumsi buah dan ditambahkan dengan lemak atau protein yang sehat, seperti apel dengan mentega dan almond, pisang dengan selai kacang atau pir dengan keju," tambah Valente.

Mengandung Gula dan Rasanya Manis, Kenapa Buah Tetap Menyehatkan?Foto: iStock

"Makan buah tidak dikaitkan dengan gula darah yang lebih tinggi, bahkan untuk orang yang memiliki diabetes," tambahnya.

"Sebaik-baiknya buah, yaitu buah yang alami, bukan buah dalam kaleng dan sebagainya. Buah memiliki begitu banyak kualitas nutrisi yang hebat ditambah memiliki rasa yang enak."

Baca Juga: Awas! Daftar Buah dan Sayur Ini Ternyata Paling Banyak Mengandung Pestisida (lum/lum)