Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya Khasiat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Jun 2019 18:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah kelapa sering diperas jadi santan atau dikeruk daging buahnya. Bagian daging buah kelapa selain gurih renyah juga punya banyak khasiat.

Kelapa merupakan jenis buah yang tumbuh di wilayah tropis. Buah yang satu ini cukup populer, terutama bagian dagingnya yang kaya akan mineral penting. Seperti mangan dan tembaga. Dua mineral ini membantu fungsi enzim dan metabolisme lemak. Serta membantu pembentukkan tulang hingga kesehatan jantung.

Dilansir dari Health Line (19/06), berikut manfaat sehat konsumsi daging kelapa.

Baca Juga: Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Minum Segelas Air Kelapa?


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Daging atau bagian buah kelapa, mengandung minyak kelapa yang bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sementara itu lewat sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 200 gram bubur yang dibuat dengan santan memiliki penurunan kadar kolesterol darah. Dibandingkan mereka yang mengonsumsi bubur dari susu kedelai.


2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Buah kelapa dinilai bisa membantu menurunkan berat badan, serta membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu kandungan medium-chain triglycerides (MCT), dalam buah ini juga bisa membakar kalori sehingga berat badan berangsur turun.

Lewat salah satu penelitian, orang-orang yang mengonsumsi 100 gram buah kelapa segar setiap harinya cenderung lebih cepat turun berat badannya. Dibandingkan orang-orang yang mengonsumsi kacang atau minyak kacang.


3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Buah kelapa kaya akan serat, yang membantu mengangkat kotoran dan mengatur usus hingga menjaga sistem pencernaan, agar tetap sehat. Buah ini juga kaya lemak, sehingga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu kandungan MCT di dalam daging kelapa terbukti dapat memperkuat bakteri baik yang ada di usu. Serta melindungi tubuh dari peradangan, dan sindrom metabolik.


4. Meningkatkan Sistem Imun

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Kandungan mangan dan antioksidan di dalam buah kelapa, dapat membantu meningkatkan sistem imun termasuk mengurangi peradangan di tubuh. Buah kelapa juga punya kandungan MCT yang memiliki sifat anti virus, anti jamur, dan penekan tumor.


5. Kesehatan Otak

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Kandungan MCT dalam minyak kelapa yang dibuat dari daging kelapa, memberikan sumber bahan bakar alternatif untuk glukosa. Sehingga dapat membantu orang-orang, yang memiliki gangguan memori atau fungsi otak. Salah satunya bagi mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

Secara keseluruhan, buah kelapa punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun beberapa ahli tetap menyarankan untuk tetap mengonsumsi buah kelapa dalam porsi yang wajar. Karena buah kelapa memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi Kesehatan (sob/odi)