5 Tips Sederhana Mengurangi Lemak di Perut!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Jun 2019 10:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lemak yang bersarang di perut dapat membuat tampilan kurang menarik. Hal ini juga bisa berpotensi sebabkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Perut yang rata jadi idaman banyak orang, terutama wanita. Namun untuk mendapatkan perut rata perlu pengorbanan. Mulai dari olahraga hingga mengonsumsi makanan sehat.

Dikutip dalam Healthline, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan perut rata.

1. Hindari gula dan minuman manis

5 Tips Sederhana Mengecilkan Lemak di Perut!Foto: iStock

Studi menunjukkan bahwa gula memiliki efek yang berbahaya pada kesehatan metabolisme. Gula adalah setengah glukosa dan setengah fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh hati dalam jumlah tertentu.

Ketika Anda makan banyak gula tambahan, hati menjadi kelebihan fruktosa dan dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan gula yang sebagian besar fruktosa dapat menyebabkan akumulasi lemak di perut dan hati.

Baca juga: Kalau Mau Perut Ramping, Coba Rutin Konsumsi 7 Buah Ini

2. Makan lebih banyak protein

5 Tips Sederhana Mengecilkan Lemak di Perut!Foto: iStock

Protein merupakan makronutrien yang sangat optimal untuk menunjang penurunan berat badan. Telah terbukti kalau protein dapat mengurangi keinginan ngemil hingga 60 persen, meningkatkan metabolisme dengan 80-100 kalori per hari dan membantu Anda makan lebih sedikit.

Jadi kalau ingin perut rata, Anda sebaiknya konsumsi makanan berprotein baik seperti telur utuh, ikan, seafood, daging, susu hingga kacang-kacangan.

3. Kurangi jumlah karbohidrat

5 Tips Sederhana Mengecilkan Lemak di Perut!Foto: iStock

Pembatasan karbohidrat adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan penurunan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Anda perlu menghindari karbohidrat olahan seperti gula, permen, roti putih. Namun jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda bisa menurunkan karbohidrat hingga 50 gram per hari.

4. Konsumsi makanan tinggi serat

5 Tips Sederhana Mengecilkan Lemak di Perut!Foto: iStock

Serat dapat membantu menurunkan berat badan. Serat bersifat sebagai pengikat air dan membentuk gel tebal yang "duduk" di usus.

Gel ini secara dramatis dapat memperlambat pergerakan makanan melalui sistem pencernaan Anda dan memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi. Akhirnya Anda akan mendapat rasa kenyang yang lama sehingga tak mudah lapar.

Salah satu studi menyebutkan bahwa tambahan 14 gram serat per hari dikaitkan dengan penurunan 10 persen dalam asupan kalori dan penurunan berat badan sebesar 2 Kg selama 4 bulan.

5. Ingat porsi makanan

5 Tips Sederhana Mengecilkan Lemak di Perut!Foto: iStock

Apa yang Anda konsumsi itu penting. Namun kebanyakan orang tak tahu sebenarnya apa yang mereka makan dan apa saja kandungannya.

Anda tidak perlu menimbang setiap kali makan. Namun pastikan Anda menekan konsumsi makanan manis. Pilih makanan dengan kandungan protein yang tinggi.

Selalu ingat, dalam sehari Anda makan apa saja. Jangan sampai lewatkan konsumsi sayur dan buah.

Baca juga: Ingin Punya Perut Rata Seperti Beyonce dan Megan Fox? Tiru Pola Makan Mereka (1) (lus/odi)