Ini Manfaat Sehat Dibalik Enaknya Sumsum Tulang Sapi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 10 Jun 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sumsum tulang sapi jadi hidangan spesial dan favorit di Indonesia. Enak dinikmati jadi sup atau dibakar dengan bumbu gurih.

Selain punya rasa gurih yang enak. Sumsum sapi yang lembut juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tulangnya keras, akan tetapi di bagian dalamnya terdapat sumsum tulang lunak.

Sumsum tulang merupakan jaringan lemak yang terletak di tengah tulang. Sumsum sendiri terdiri dari sel-sel induk yang berubah menjadi sel darah di dalam tubuh saat dicerna.

Ini Manfaat Sehat Dibalik Enaknya Sumsum Tulang SapiFoto: iStock

Sumsum tulang juga memiliki tekstur lembut. Bahkan kaldu tulang berfungsi sebagai basis yang menyenangkan untuk hidangan sup.

Dikutip dalam NDTV (07/06) sumsum tulang mengandung lemak dan energi yang baik untuk tubuh. 100 gram sumsum tulang mengandung lemak sebanyak 84,4 gram dan energi 789 Kkal.

Baca juga: 5 Tempat Kulineran Wajib Mampir di Cilegon, Nasi Gonjleng hingga Sumsum Bakar Enak

Sumsum tulang juga merupakan sumber protein yang baik. Per 100 gram sumsum tulang memiliki 6,7 gram protein. Secara keseluruhan, sumsum tulang adalah makanan yang tinggi nutrisi dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Berikut ini 4 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi sumsum tulang.

1. Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan menyatakan bahwa jaringan lemak sumsum tulang mengandung hormon yang disebut dengan adiponektin. Hormon ini dapat membantu kelancaran pencernaan makanan, mengatur tingkat insulin dan menurunkan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

2. Sumsum tulang mengandung sel punca myeloid dan lomfoid. Keduanya yang merubah sel darah putih dan limfoid yang berubah menjadi sel darah putih dan sel darah merah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dan juga berkontribusi dalam perbaikan dan regenerasi sel.

Ini Manfaat Sehat Dibalik Enaknya Sumsum Tulang SapiFoto: iStock

3. Penelitian tertentu menunjukkan bahwa sumsum tulang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan dengan dagingnya.

Sehingga sumsum tulang memiliki jumlah kalsium yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu cegah masalah seperti radang sendi.

4. Satu lagi manfaat dari sumsum tulang. Kolagen yang ada di sumsum tulang dapat melepaskan antioksidan di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Baca juga: Nikmati Lembut Gurih Sop Tulang Sumsum Enak di 5 Tempat Ini (lus/odi)