Wanita Hamil Tak Boleh Minum Kopi Sama Sekali, Apa Benar?

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 07:57 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat sedang hamil, bolehkah minum kopi? Para ahli menyebut kalau wanita hamil perlu mengurangi konsumsi kopi. Kenapa?

Wanita hamil umumnya dianggap rentan konsumsi makanan atau minuman yang dianggap berbahaya, terutama makanan mentah dan minuman berkafein demi menjaga kehamilannya.

Tetapi menurut Dr Isis Amer-Wahlin, konsultan kebidanan dan ginekologi di Bonzun, kafein dalam jumlah sedang, masih aman dikonsumsi selama kehamilan.

Baca Juga: Boleh Ditiru, Wanita Ini Lakukan Foto Kehamilan di Supermarket

"Jika Anda memang pecinta kopi dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda perlu menguranginya selama masa kehamilan," katanya. "Perlu Anda ingat juga bahwa bukan hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi kafein juga ada pada teh, coklat, dan obat-obatan tertentu."

Wanita Hamil Tak Boleh Minum Kopi Sama Sekali, Apa Benar?Foto: iStock

Kafein memang memiliki beberapa efek pada tubuh ibu dan bayinya. Salah satunya ialah kafein termasuk stimulan, yang akan membuat Anda lebih merasa cemas.

"Hal ini juga akan menyebabkan tekanan darah dan detak jantung naik, yang keduanya harus dihindari selama kehamilan," kata Amer-Wahlin.

"Terutama ketika mengenai bayi, metabolisme mereka belum secanggih orang dewasa, jadi lebih sulit bagi bayi untuk proses metabolisme kafein, yang artinya, pola tidur si bayi bisa terganggu dan bisa menjadi lebih gelisah," tambahnya.

Bahkan ada beberapa penelitian lain yang menunjukkan bahwa kelebihan kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Maka lebih baik konsumsi dalam jumlah sedang.

Satu studi dari Norwegia pada 2013 menemukan bahwa adanya kafein yang berlebihan juga bisa mengurangi berat badan bayi ketika lahir, yang juga bisa berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi di kemudian hari.

Wanita Hamil Nggak Boleh Minum Kopi, Kenapa Ya?Foto: iStock

"Ketika dilihat bersama, bukti memang tidak menunjukkan bahwa kafein harus dihindari sepenuhnya, tetapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang," kata Amer-Wahlin. "Tetapi jika Anda khawatir, Anda bisa konsultasi dengan dokter Anda."

Untuk konsumsi lebih aman, ia mengatakan bisa minum sekitar dua cangkir kopi instan per hari atau sekitar 0,2 gram. Atau Anda juga bisa memeriksa label nutrisi untuk memastikan tidak berlebihan dalam konsumsi kafein.

Baca Juga: Slurpp! Minum Kopi Campur Minyak Kelapa Punya Banyak Manfaat Sehat (lus/lus)