Saat Kurang Tidur, Konsumsi Saja 3 Bahan Makanan Enak Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 03:05 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Aktifitas sahur membuat Anda perlu luangkan waktu lebih menyiapkan makanan. Supaya waktu tidur cukup dan berkualitas, beberapa makanan ini bisa membantu.

Manusia idealnya membutuhkan waktu sekitar 6 - 8 jam untuk tidur. Namun di bulan Ramadhan, waktu tidur tersebut bisa berkurang karena harus bangun lebih cepat untuk melakukan sahur.

Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda mengantuk dan mengganggu aktivitas di siang harinya. Bahkan ternyata kurangnya tidur dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, telah ditemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam di malam hari, akan lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Supaya Tidur Lebih Nyenyak, Konsumsi Saja 3 Bahan Makanan Enak IniFoto: shutterstock

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Experimental Physiology. Para peneliti mengatakan, orang-orang yang memiliki masalah tidur dan tidur kurang dari tujuh jam di malam hari lebih rentan memiliki tingkat darah yang lebih rendah dari tiga regulator fisiologis, yang dapat mempengaruhi gen dan memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan pembuluh darah.

"Studi ini mengusulkan penelitian baru yaitu tidur dapat memengaruhi kesehatan jantung," kata Christopher DeSouza, Profesor di University of Colorado di AS.

Para peneliti juga telah menganalisis sampel darah sekelompok kecil pria dan wanita, antara usia 44 dan 62 tahun.

Para partisipan diminta untuk mengisi kuesioner tentang pola tidur mereka. Hampir setengah dari peserta ini memiliki siklus tidur yang sehat, yaitu sekitar 7 hingga 8,5 jam, sementara setengah lainnya tidur hanya selama 5 hingga 6,8 jam setiap malam.

Para peneliti juga mengukur ekspresi dari sembilan microRNA yang sebelumnya terkait dengan peradangan dan kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Jangan Lupa Sarapan! Tak Sarapan Berisiko Tinggi Kena Penyakit Jantung https://food.detik.com/info-sehat/d-4523786/jangan-lupa-sarapan-tak-sarapan-berisiko-tinggi-kena-penyakit-jantung

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang kurang tidur, memiliki kadar sirkulasi miR-125A, miR-126, dan miR-146a yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan waktu yang cukup.

"Orang-orang membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur per malam untuk mempertahankan tingkat regulator fisiologisnya, seperti microRNA. Karena mereka seperti rem, jika microRNA kurang, maka akan berdampak besar pada kesehatan sel," kata DeSouza.

Tim peneliti juga mengatakan bahwa microRNA dalam darah dapat digunakan sebagai penanda penyakit jantung pada orang yang kurang tidur.

Namun menurut NDTV Food (27/05), Anda bisa atasi kurang tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak dengan konsumsi makanan dan minuman dibawah ini.

1. Susu Hangat

Minum segelas susu hangat di malam hari sebelum tidur dapat membantu Anda tidur nyenyak. Susu mengandung asam amino, yang dikenal memiliki efek menenangkan otak, dan selanjutnya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Supaya Tidur Lebih Nyenyak, Konsumsi Saja 3 Bahan Makanan Enak IniFoto: Thinkstock

2. Almond

Selain membuat Anda kenyang lebih lama, almond juga dikenal dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kacang almon mengandung triptofan, sama seperti susu, yang dipercaya memiliki efek dapat menenangkan otak dan saraf. Terlebih lagi magnesium dalam almond dapat menjaga ritme jantung supaya tetap stabil.

Supaya Tidur Lebih Nyenyak, Konsumsi Saja 3 Bahan Makanan Enak IniFoto: iStock

3. Pisang

Mengonsumsi pisang juga dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur. Pisang mengandung zat yang dapat relaksasi otot dalam bentuk magnesium dan kalium. Selain itu, vitamin B6 dalam pisang mengubah triptofan menjadi serotonin.

Baca Juga: Slurpp! Minum Jus Jeruk Segar Tiap Hari Bisa Bikin Jantung Lebih Sehat (lus/lus)