Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi Kesehatan

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 10:00 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Saat puasa penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi. Selain air putih, minum air kelapa segar bisa bantu jaga kesehatan tubuh.

Air kelapa memang cocok dijadikan minuman menyegarkan untuk berbuka puasa. Ini karena dikenal dapat meningkatkan kesehatan Anda baik secara mental maupun fisik.

Bukan hanya manfaat kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Seperti yang telah dilansir dilaman Natural Food Series (18/05), ada 12 manfaat luar biasa yang didapatkan dari minum air kelapa.

Baca Juga: Bukan Teh Manis, Lebih Sehat Buka Puasa dengan 3 Minuman Ini

1. Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, tentu harus mengontrol pola makan. Karena dengan mengkonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, dan hal ini harus dihindari, terutama jika Anda menderita diabetes tipe-2.

Maka disinilah air kelapa aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karena air kelapa termasuk minuman rendah kalori dengan sejumlah nutrisi yang membantu mengendalikan nafsu makan Anda. Air kelapa secara efektif dapat menyerap glukosa dan mencegahnya memasuki aliran darah.

Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi KesehatanFoto: shutterstock

2. Untuk Menurunkan Berat Badan

Metabolisme yang tidak sehat atau lemah ternyata dapat menghalangi Anda menurunkan berat badan. Maka Anda perlu mengonsumsi banyak cairan tubuh untuk meningkatkan metabolisme.

Anda bisa minum air kelapa hijau, tidak hanya efektif untuk mempercepat metabolisme yang lambat, tetapi juga dapat mengurangi nafsu makan Anda. Air kelapa juga memiliki kandungan nol lemak yang membuatnya aman dikonsumsi semua orang tanpa menambah berat badan. Meskipun mengandung sedikit kalori tetapi itu tidak akan mempengaruhi kenaikan berat badan.

3. Meningkatkan Pencernaan

Semakin banyak cairan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak manfaatnya bagi pencernaan. Dengan mengkonsumsi air kelapa, perut dan pencernaan akan terasa sehat. Bukan hanya mendapatkan jumlah cairan yang diperlukan tetapi serat yang ditemukan dalam air kelapa juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi KesehatanFoto: shutterstock

4. Untuk Tekanan Darah Tinggi

Peningkatan tekanan darah dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Maka ahli gizi merekomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa yang mengandung nutrisi untuk mengobati masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah. Elektrolit alami yang ditemukan dalam air kelapa akan membantu menangkal faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

5. Untuk Kesehatan Kardiovaskular

Untuk menjaga kesehatan jantung Anda, para ahli menyarankan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa air kelapa mengandung senyawa yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Inilah sebabnya mengapa air kelapa cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Dengan konsumsi air kelapa, Anda dapat mengobati berbagai masalah ginjal termasuk infeksi saluran kemih. Karena sifat antibakterinya yang membantu menangkal infeksi dari bakteri. Selain itu, air kelapa juga mengandung kadar kalium yang cukup untuk melarutkan batu ginjal secara efektif.

Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi KesehatanFoto: shutterstock

7. Untuk Sakit Kepala dan Migrain

Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan migrain, Anda perlu mengkonsumsi air kelapa segar. Karena air kelapa mengandung magnesium, yang dikenal sangat bagus untuk mengobati migrain.

8. Untuk Ibu Hamil

Air kelapa ternyata bagus untuk ibu hamil. Anda akan memperoleh berbagai nutrisi yang diperlukan dengan hanya mengonsumsi satu gelas air kelapa segar. Air kelapa juga mengandung jumlah magnesium, kalium, asam amino, vitamin C dan B yang baik untuk ibu hamil.

Selain itu, air kelapa adalah sumber yang paling aman untuk mendapatkan serat dan sedikit kalori yang akan membantu menjaga berat badan selama kehamilan.

9. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Bukan hanya mengobati kulit kering dan rusak tetapi sitokin yang ada dalam air kelapa juga berfungsi sebagai pelembab alami. Jika mengkonsumsi secara teratur, sitokin ini dapat mencegah keriput sebelum dewasa, mengurangi pigmentasi, dan juga akan membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit.

Berbuka Puasa dengan Air Kelapa, Ternyata Ada 12 Manfaat Bagi KesehatanFoto: istock

10. Minuman Anti Kanker

Menurut para ahli, mengkonsumsi air kelapa segar cocok untuk pengobatan kanker. Selain itu air kelapa juga telah terbukti sebagai agen antikanker aktif yang manjur untuk membius pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

11. Mengatasi Rambut Rusak

Air kelapa ini juga bagus untuk rambut, karena dapat menyehatkan kulit kepala Anda secara efektif yang akan menghasilkan rambut yang sehat dan kuat sehingga tidak mudah rontok.

12. Tetap Terhidrasi

Dibulan Ramadhan ini, menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi memang sangat penting. Air kelapa dikenal dapat bekerja dengan baik untuk pasien yang sakit karena kurangnya cairan.

Baca Juga: Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah Sakit https://food.detik.com/info-sehat/d-3975533/rutin-minum-air-kelapa-bikin-awet-muda-dan-tak-mudah-sakit (lus/lus)