Bukan Teh Manis, Lebih Sehat Buka Puasa dengan 3 Minuman Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minuman manis seperti es teh dan es buah sering jadi pilihan menu buka puasa. Agar lebih sehat, sebaiknya pilih 3 minuman segar namun menyehatkan.

Selama berpuasa seharian penuh, kebanyakan orang tentu merasa lemas karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Apalagi dengan cuaca yang panas, bisa saja membuat tubuh dehidrasi.

Oleh karena itu hal pertama yang dipikirkan untuk berbuka puasa adalah minuman yang sangat segar. Salah satunya mungkin es teh manis, tapi seringnya minum es teh manis bisa sebabkan berat badan naik.

Selain es teh, ada jenis sajian minuman segar yang bisa diminum untuk berbuka puasa. Bahkan Anda bisa buat sendiri di rumah, dan tak perlu cemas karena minuman ini sehat dan kaya manfaat bahkan membantu berat bedan tetap terkendali.

Berikut 3 minuman segar dan bermanfaat yang bisa Anda buat di rumah.

Baca Juga: Es Teh untuk Berbuka Lebih Segar dengan Tambahan 7 Bahan Ini

1. Air mentimun

Bukan Teh Manis, Lebih Sehat Buka Puasa dengan 3 Minuman IniFoto: iStock

Caranya Anda bisa ambil beberapa mentimun segar, potong secara vertikal menjadi empat bagian. Masukkan semua potongan ke dalam gelas berisi air kemudian dinginkan. Mentimun mengandung antioksidan dan mineral penting.

Minuman rendah kalori ini adalah cara alternatif yang sehat dibandingkan dengan minuman dingin lainnya yang biasa Anda minum ketika berbuka puasa. Mentimun juga bagus bagi kulit Anda.

2. Air mint

Bukan Teh Manis, Lebih Sehat Buka Puasa dengan 3 Minuman IniFoto: iStock

Mint adalah bahan pokok musim panas yang biasa digunakan ketika musim panas, karena memiliki rasa yang segar. Anda juga dapat gunakan mint ini untuk membuat air detoks yang menyegarkan.

Caranya sangat mudah, cukup ambil beberapa daun mint dan celupkan ke dalam botol yang diisi air. Mint baik untuk pencernaan, kulit, penurunan berat badan, dan juga dikenal dapat membuat suasana hati jadi lebih baik. Menurut beberapa peneliti, mint juga dapat membantu Anda melawan bau mulut.

3. Air lemon

Bukan Teh Manis, Lebih Sehat Buka Puasa dengan 3 Minuman IniFoto: iStock

Yang Anda butuhkan untuk membuat air lemon detoks adalah siapkan dua-tiga irisan lemon, kemudian letakkan ke dalam botol air dan diamkan dalam beberapa menit. Jangan berikan gula, karena gula dapat menyebabkan gula darah dan penyimpanan lemak berlebih.

Air lemon membantu membuat Anda tetap kenyang, mungkin juga cocok untuk diminum ketika sahur. Lemon juga merupakan detoxifier alami, yang bisa membersihkan toksin didalam tubuh Anda. Karena dikemas dengan antioksidan, maka lemon juga baik untuk kulit dan pencernaan.

Baca Juga: Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus Diminum Pagi Hari (lus/lus)