Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus Diminum Pagi Hari

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 03:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Saat bangun tidur, seringkali Anda merasa lemas. Menurut pakar kesehatan, 10 minuman sehat ini bisa dikonsumsi pada pagi hari.

Sarapan jadi waktu makan yang tak boleh dilewatkan. Karena mulai pagi hari Anda akan mengatur energi untuk satu hari penuh. Itulah sebabnya mengapa banyak pakar kesehatan menekankan untuk memperkuat rutinitas di pagi hari.

Seperti yang telah dilansir dilaman MBG (30/04/2019), team MBG telah menghubungi ahli pengobatan dan pakar nutrisi, untuk mencari tahu minuman apa yang baik dikonsumsi dipagi hari.

Baca Juga: Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet Gagal

1. Air

"Minuman pagi favorit saya adalah air. Tubuh Anda akan kekurangan air saat tidur, jadi lebih baik Anda rehidrasi dengan air lebih dulu sebelum dengan yang lain. Baru setelah itu, saya minum kopi atau matcha latte buatan sendiri untuk meningkatkan kafein." tutur Alanna Waldron, R.D, pendiri Eats Real Food

"Saya tidak akan memilih minuman lain yang akan diminum dipagi hari selain segelas air. Karena segelas air merupakan salah satu cara terbaik untuk mendetoks tubuh Anda, serta akan membantu melancarkan buang air besar di pagi hari. Maka minumlah air selama beberapa menit sebelum Anda menyantap sarapan Anda." ucap Ellen Vora, M.D., psikiater holistik top, anggota kolektif mbg, dan instruktur kelas.

Minum air putih di pagi hari juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, saluran pencernaan akan menjadi lebih baik serta dapat menyerap nutrisi dengan optimal.

Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi HariFoto: lip balm

2. Matcha dengan Susu Kacang kedelai dan Kayu Manis

"Protein dan lemak dari susu kacang kedelai akan menstabilkan gula darah. Matcha yang kaya antioksidan akan memberi otak dorongan, sambil mendukung sistem kekebalan tubuh. Lalu dengan sedikit kayu manis akan mendukung kesehatan otak yang akan mengurangi peradangan dan juga menstabilkan gula darah. Menurut saya, minuman ini adalah yang paling utama di pagi hari." ucap Nicole Rivera, D.C., pendiri Kelompok Kesehatan Integratif.

Matcha memiliki manfaat yang sama untuk menurunkan level kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung. Matcha juga dapat menurunkan risiko stroke. Selain dari matcha yang kaya antioksidan dan akan memberi otak dorongan, kayu manis juga akan mendukung kesehatan otak yang akan mengurangi peradangan dan juga menstabilkan gula darah.

3. Teh Hitam dan Susu

"Setiap pagi saya memulai hari saya dengan teh hitam Yorkshire dengan sedikit susu 2%. Saya memilih teh karena kafein tidak sekuat kopi. Oleh karena itu, antioksidan dari teh saya jadikan sebagai minuman favorit di pagi hari saya." ucap Allison (Aaron) Gross, M.S., RDN, CDN, pendiri Kurator Nutrisi.

Teh hitam mengandung antioksidan yang cocok diminum dipagi hari. Antioksidan terkandung dalam teh memiliki banyak manfaat yang diantaranya dapat menghilangkan nyeri otot, meremajakan kulit, dan melawan penyakit. Minuman ini mampu menjaga kesehatan Anda. Studi bahkan menunjukkan, antioksidan lebih tinggi ada pada teh hitam dibandingkan teh hijau.

Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi HariFoto: iStock

3. Kaldu tulang sapi

"Di bulan-bulan yang sedang hangat, saya menemukan bahwa kaldu dari tulang dapat membantu melumasi sistem pencernaan saya. Secara umum, makanan hangat cenderung lebih mudah untuk ditoleransi, dibandingkan dengan makanan dingin. Ketika Anda memiliki gangguan usus, atau seperti saya yang sedang dalam penyembuhan dari SIBO, maka mulailah kebiasaan minum kaldu tulang di pagi hari. Sekarang saya suka dengan rasanya, dan itu membuat saya lebih aktif lagi di dapur, karena saya akan menggunakan kembali sisa makanan untuk menghasilkan kaldu tersebut." ucap Phoebe Lapine, anggota mbg Collective, pendiri Feed Me Phoebe, dan pembawa acara SIBO Made Simple Podcast.

Bone broth adalah kaldu dari tulang sapi, ayam atau babi yang diproses dari tulang yang masih ada sedikit dagingnya dan dimasak bersama dengan sayuran dan bumbu-bumbu yang dimasak dengan api kecil dan prosesnya lama. Bone broth memang baik dikonsumsi karena akan membuat kulit lebih bagus, awet muda, dan tidak mudah keriput. Selain kulit, rambut dan kuku juga akan menjadi lebih sehat.

4. Teh Mint yang Segar

"Saya suka air panas dengan daun mint segar. Terlihat polos dan sederhana tetapi dapat berfungsi untuk pencernaan dan dapat meningkatkan kekebalan dari daun mint segarnya. Ditambah rasanya sangat enak!" ucap Isabel Smith, R.D., pendiri Isabel Smith Nutrition.

Daun mint memang memiliki serat tinggi dan mineral tinggi. Seperti yang diketahui, serat bisa melancarkan pencernaan dengan baik. dengan begitu faktor pendukung untuk menurunkan berat badan sudah tercapai. Kandungan serat yang dimiliki daun mint mampu melancarkan pencernaan sehingga menghindari terserang sembelit atau penyakit pencernaan yang lain.

Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi HariFoto: iStock

5. Kopi

"Meskipun kopi bukan satu-satunya minuman pagi saya, tetapi kopi tetap favorit saya. Baik atau buruk, saya membutuhkannya untuk membantu menghilangkan ngantuk dan memulai hari saya. Saya memilih kopi hitam dan menambahkannya dengan sedikit susu organik, kayu manis, dan bubuk kakao untuk meningkatkan antioksidan dan serat. Karena bubuk kakao adalah sumber serat." ucap Leah Silberman, R.D., salah satu pendiri Tovita Nutrition.

Dari hasil penelitian, kopi berdampak positif untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi kopi diyakini dapat menurunan risiko penyakit kanker lever, kanker payudara, insulin atau estrogen, kanker prostat dan penyakit obesitas. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi kopi setiap pagi, memiliki risiko 25 persen lebih rendah mengidap batu ginjal. Bahkan, bagi wanita penikmat kopi akan memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena depresi.

6. Air Hangat dengan Lemon

"Saya tahu minuman ini dikenal yang paling sehat, dan saya sudah memulai hari saya dengan minum air hangat dan lemon sejak saya masih magang di rumah sakit. Minuman ini membantu saya mendapatkan dehidrasi serta memudahkan sistem pencernaan saya." ucap Jessica Cording, R.D., pendiri Jessica Cording Nutrition

Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Manfaat lainnya dari minum air lemon hangat di pagi hari dapat meningkatkan daya tubuh Anda.

7. Bulletproof Coffee

"Sebelum saya makan atau minum yang lain, saya minum segelas air terlebih dahulu saat bangun tidur. Saya tidur tujuh sampai delapan jam hampir setiap malam, tetapi kadang saya mengalami kurang tidur, sehingga saya tahu, saya akan mengalami dehidrasi setelah bangun tidur. Lalu solusinya saya minum secangkir kopi antipeluru. Kopi yang dipadukan dari minyak MCT, ghee, dan peptida kolagen ini telah memiliki dampak positif pada gula darah, bahkan dapat membantu menahan lapar disepanjang harinya." ucap Sara McGlothlin, ahli gizi holistik, pendiri SaraMcGlothlin.com.

Secangkir kopi hitam biasa yang penuh nutrisi dan minum kopi secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak kalah dengan bulletproof coffee, ternyata juga dapat membantu mencegah diabetes, melindungi otak dari Alzheimer. Bulletproof coffee juga dapat melindungi hati, menurunkan risiko stroke, dan membantu otak melawan depresi.

Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi HariFoto: istock

8. Teh Earl Grey

"Bukan rahasia lagi bahwa saya penggemar teh. Earl Grey adalah minuman favorit saya di pagi hari karena rasa dan manfaat kesehatannya. Saya biasanya puasa sebentar di setiap pagi sampai jam makan siang, teh Earl Grey ini meningkatkan kemampuan puasa, dan akan meningkatkan autophagy. Serta membantu proses pembersihan sel kami untuk menghilangkan sel-sel tua yang rusak agar kami tetap terlihat awet muda." ucap Will Cole, D.C., mbg Anggota kolektif dan penulis Ketotarian.

Earl Grey ini mengandung level antioksidan catechin tinggi yang memberantas infeksi mulut. Fluoride juga termasuk komponen alami yang ada pada teh earl grey dan dapat melindungi gigi dari karang yang mengganggu, sehingga cocok diminum dipagi hari.

Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi HariFoto: Istimewa

9. Golden Milk

"Golden milk adalah kombinasi dari kunyit kuat rempah-rempah, santan, dan minyak kelapa, dan ini telah menjadi minum favorit saya dipagi hari. Menurut ayurveda, golden milk dapat meningkatkan agni (api pencernaan), mengurangi peradangan, menyiram lemak, dan meningkatkan kebahagiaan. Faktanya, studi ilmiah menemukan kunyit sama efektifnya dengan antidepresan seperti Prozac. Saya minum ini setiap pagi agar tetap sehat dan bahagia." ucap Sahara Rose, pakar ayurveda dan penulis Eat Feel Fresh.

Golden milk memang kombinasi antara kunyit kuat rempah-rempah, santan, dan minyak kelapa. Semua rempah memang kaya manfaat yang cocok dihidangkan saat pagi hari. Karena juga dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar tanpa menekan nafsu makan dan juga membantu membakar lemak tubuh lebih cepat, sehingga membantu dalam kebugaran dan menurunkan berat badan.

10. Matcha Smoothie

"Salah satu minuman pagi favorit saya adalah Matcha Latte dengan Pisang dan Madu Smoothie. Campurkan 1 cangkir susu kedelai tanpa pemanis dengan ½ cangkir teh hijau, 2 sendok teh matcha bubuk, 1 sendok makan madu, dan pisang beku. Jadilah minuman seperti krim dan beraroma, dengan rasa manis yang cukup dan kaya antioksidan." ucap Dana Angelo White, R.D., penulis Healthy, Quick & Easy Smoothies

Dengan konsumsi smoothie di pagi hari dapat melancarkan sistem pencernaan. Manfaat yang satu ini sudah pasti akan dirasakan ketika Anda rajin mengonsumsi smoothies dipagi hari untuk sarapan.


Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!


Simak Juga 'Kenapa Sarapan Harus Lengkap & Sehat?':
Ini 10 Minuman Paling Sehat yang Harus di Minum Pagi Hari
(lus/lus)