Minum Teh Jahe Saat Sahur Bisa Dapatkan 10 Manfaat Sehat Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 29 Mei 2019 03:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Redakan mual hingga tingkatkan sistem imun bisa Anda dapatkan dari secangkir teh jahe. Bisa dikonsumsi selama puasa untuk jaga stamina.

Siapa sangka ternyata teh jahe memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Jahe dikenal sebagai minuman yang memiliki kandungan vitamin C, magnesium, dan mineral tinggi.

Jahe kini telah banyak diolah menjadi minuman yang banyak dikonsumsi orang. Bukan sekadar minuman, ternyata jahe menyimpan beragam khasiat yang baik bagi tubuh. Dikutip dalam Natural Food Series, berikut ini manfaat jahe bagi tubuh.

Baca Juga: Kombinasi Teh, Jahe dan Lemon Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

1. Meredakan Mual

Teh jahe digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati mual dan muntah. Studi yang telah dilakukan pada penggunaan teh jahe mampu mengkonfirmasi bahwa teh jahe benar bisa mengatasi mual dan muntah yang sering terjadi pada wanita hamil.

Jahe juga dapat mengatasi mual dan muntah akibat penggunaan obat kemoterapi. Jika Anda tidak tahan dengan efek sedasi dari banyak obat bebas yang biasa digunakan untuk mengobati muntah dan mual, teh Jahe dapat menjadi pilihan tepat mengurangi masalah tersebut.

Untuk efek tambahan, Anda bahkan bisa mencoba menambahkan beberapa lemon atau mint ke dalam teh Anda untuk mengurangi mual.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh jahe juga telah digunakan berabad-abad sebagai obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat sifat antihistamin dan antibakterinya.

Jahe mengandung banyak senyawa yang dapat membantu efek penyangga radikal bebas, mengurangi peradangan dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis yang serius. Jahe juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu melindungi terhadap infeksi serius.

Minum Teh Jahe Selama Puasa Bisa Dapatkan 10 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

3. Membantu Menjaga Fungsi Otak

Seiring bertambahnya usia, tentu otak dapat mengalami degradasi alami yang tidak dapat dihindari. Namun, efek oksidasi dapat mempercepat dan bahkan dikaitkan dengan kondisi otak yang lebih serius seperti Alzheimer dan Parkinson yang keduanya bersifat neurodegeneratif dan tidak dapat diobati.

Maka lebih baik Anda menghindari penyakit ini sejak dini.

Studi menunjukkan dengan menggunakan teh jahe telah menemukan bahwa setelah konsumsi hanya 2 bulan berturut-turut, fungsi kognitif akan jauh lebih besar pada orang yang mengkonsumsi teh jahe dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, ternyata jahe dapat membantu melindungi otak dari kerusakan dan meningkatkan memori.

4. Mengandung Analgesik

Meskipun sudah diketahui bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi, jahe juga mulai dikenal dapat membantu meringankan rasa sakit. Dengan konsumsi satu cangkir teh jahe per hari dapat membantu Anda untuk mengurangi nyeri otot, nyeri haid, atau nyeri sendi yang terkait dengan artritis.

Minum Teh Jahe Selama Puasa Bisa Dapatkan 10 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

5. Membantu Masalah Pencernaan

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengobati gangguan pencernaan atau kembung yang terkait dengan konsumsi makanan tertentu. Namun bagusnya ternyata jahe juga dapat membantu mencegah dan mengobati radang lambung.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan penguraian lemak dan dapat mencegah penyimpanan lemak baru berikutnya dengan cara menghalangi penyerapan lemak dari makanan diet yang dikonsumsi.

Peneliti telah menyimpulkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak jahe memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil.

Minum Teh Jahe Selama Puasa Bisa Dapatkan 10 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

7. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Konsumsi teh jahe terbukti dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida yang akhirnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Konsumsi teh jahe secara teratur juga dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah.

8. Membantu Mengobati Kondisi Pernapasan

Teh jahe sering digunakan banyak orang ketika sakit karena memiliki efek stimulasi pada sistem kekebalan tubuh, mengendalikan pertumbuhan bakteri, dan juga dapat membersihkan lendir dari paru-paru.

9. Mengendalikan Suasana Hati

Jahe terbukti sangat efektif untuk menenangkan hati serta dapat membantu Anda yang sedang susah tidur. Jahe diyakini memiliki efek menekan pada kortisol dan memiliki efek merangsang pada serotonin, yang dapat memberikan efek yang sempurna untuk Anda supaya merasa lega dan tidur nyenyak.

Minum Teh Jahe Selama Puasa Bisa Dapatkan 10 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki diabetes, Anda perlu khawatir dengan kadar glukosa darah Anda. Karena faktor obesitas, maka semakin banyak orang yang didiagnosis menderita diabetes setiap harinya, sehingga penting bagi Anda untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

Untungnya, teh jahe bisa membantu. Studi jangka panjang dari peminum teh jahe telah menemukan bahwa ada sebanyak 50% peningkatan kadar glukosa darah bagi yang suka minum teh jahe. Bahkan orang yang secara teratur minum teh jahe juga memiliki toleransi insulin yang lebih baik dan dapat membersihkan glukosa lebih efisien dari darah.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes, maka bisa mencegahnya dengan minum teh jahe, untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Shogayu, Racikan Teh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi Flu (lus/lus)