Shogayu, Racikan Teh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi Flu

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pilek dan batuk membuat tubuh lemas. Coba atasi dengan racikan jahe segar dan teh khas Jepang enak. Selain enak juga bisa atasi flu.

Shogayu, atau teh jahe gaya Jepang ini enak dinikmati hangat. Perpaduan jahe segar, jus jeruk segar dan madu. Selain itu bahan-bahannya juga bernutrisi sehingga berkhasiat untuk tubuh.

Kata shogay berarti 'air jahe panas' atau wedang jahe yang dibuat dari jahe segar yang diparut dan dituangi air mendidih. Jahe merupakan rimpang rempah yang sejak dulu dipercaya sebagai obat oleh orang Asia.

Karenanya mengonsumsi shogayu bukan hanya untuk menghangatkan badan di musim dingin, orang Jepang juga memakainya sebagi obat flu. Ini karena jahe mengandung zat anti peradangan dan antioksidan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.


Shogayu, RacikanTeh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi FluFoto: iStock

Mau meracik shogayu sendiri? Bahannya mudah didapat yaitu jahe segar, jeruk lemon, jeruk navel atau jeruk peras dan madu. Untuk jahe segar sebaiknya pilih jahe dengan umbi cukup tua, keras dan warnanya agak cokelat gelap. Ini agar mendaparkan rasa pedas dan hangat yang kuat. Jika ingin lebih kuat bisa memakai jenis jahe merah.

Untuk jeruk biasanya dipakai jeruk lemon. Untuk satu cangkir shogayu dipakai 1/4 buah jeruk lemon. Bisa ditambahkan sedikit kulit jeruk lemon parut agar aromanya lebih segar. Bisa juga dipakai jeruk nipis, jeruk peras atau jeruk navel.

Bahan terakhir yang harus disiapkan adalah madu. Rasa manis legit madu akan menyeimbangkan rasa pedas jahe dan asam jeruk. Selain itu madu juga berkhaist meredam batuk. Karenanya pilih madu asli untuk mendapatkan khasiat sehatnya.

Shogayu, RacikanTeh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi FluFoto: iStock

Care meracik shogayu cukup mudah. Siapkan jahe yang sudah dicuci bersih dan dikupas kira-kira 3-4 cm. Parut dengan parutan bersih. Jika tak ada parutan bisa dincang halus. Masukkan ke dalam poci teh yang volumenya sikitar 400 ml.

Tuangi air mendidih dan diamkan minimal selama 5 menit. Makin lama dibiarkan rasa jahe akan makin kuat. Selanjutnya tuang ke dalam cangkir,

Shogayu, RacikanTeh Jahe Jepang yang Ampuh Atasi FluFoto: iStock

Tambahkan 1 sdm air jeruk lemon dan 1 sdm madu. Jumlah madu dan air jeruk bisa disesuaikan dengan selera. Diamkan sebentar hingga hangat. Kemudian hirup teh jahe selagi masih hangat.

(odi/odi)