Konsumsi Alpukat Selama Bulan Puasa Bisa Lancarkan Pencernaan dan Cerahkan Kulit

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 03:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memiliki tekstur yang lembut, buah alpukat ternyata punya segudang manfaat. Mulai dari bikin pencernaan lancar sampai cerahkan kulit.

Alpukat sering dijadikan sebagai campuran es atau pun salad. Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga punya manfaat kesehatan dan kecantikan. Buah alpukat juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga baik untuk kulit.

Seperti yang telah dilansir dilaman NDTV (23/05), buah berlemak ini ternyata dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat.

Baca Juga: Jika Dimakan Berlebihan, Alpukat Juga Bisa Bahayakan Kesehatan

1. Kandungan kalori

Konsumsi Alpukat Selama Puasa Bisa Lancarkan Pencernaan dan Cerahkan Kulit Foto: iStock

Menurut buku, 'Healing Foods' oleh DK Publishing House, "Alpukat memiliki kandungan lemak tertinggi. Ini mungkin terdengar tidak sehat, tetapi lemak tak jenuh tunggal ini dapat menurunkan tekanan darah dan melumasi sendi. Alpukat ini juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit, seperti radang sendi, dan meningkatkan kesuburan wanita."

Kalori dan nutrisi yang ada di alpukat menurut pedoman diet USDA adalah satu porsi alpukat 100 gram mengandung sekitar 160 kalori. Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, tapi kalori tersebut adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

2. Mencerahkan kulit

Konsumsi Alpukat Selama Puasa Bisa Lancarkan Pencernaan dan Cerahkan Kulit Foto: iStock

Jika Anda ingin mencerahkan kulit yang kusam, Anda bisa konsumsi alpukat. Kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidannya yang tinggi membantu mencerahkan kulit. Anda juga bisa mengoleskannya di wajah.

3. Mengandung anti peradangan

Konsumsi Alpukat Selama Puasa Bisa Lancarkan Pencernaan dan Cerahkan Kulit Foto: iStock

Alpukat adalah pembangkit tenaga anti inflamasi karena mengandung lemak baik. Alpukat termasuk pitosterol, hormon tanaman seperti campesterol, beta-sitosterol, dan stigmasterol yang membantu menjaga peradangan tetap terkendali. Mereka juga mengandung alkohol lemak polihidroksilasi (PFA), yang anti inflamasi. Dan juga sumber asam lemak omega-3, yang membantu melumasi sendi dan mengurangi gejala rematik.

4. Tinggi serat

Konsumsi Alpukat Selama Puasa Bisa Lancarkan Pencernaan dan Cerahkan Kulit Foto: iStock

Buah tinggi serat sering dikaitkan dengan sistem pencernaan yang sehat. Kandungan serat yang tinggi dalam alpukat dapat membantu keteraturan usus dan meningkatkan flora usus dengan bekerja sebagai pra dan pro biotik.

Baca Juga: Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan Jantung (lus/lus)