5 Trik Memilih Makanan Sahur yang Gampang Dicerna Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Mei 2019 02:36 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak melewatkan sahur jadi kunci puasa sehat. Ada pula trik memilih makanan yang tak memperberat kerja tubuh saat dicerna.

Sebagai pengganti sarapan dan makan siang, makan saat sahur sangat dianjurkan. Ada baiknya memilih makanan yang tepat agar tubuh tetap sehat dan rasa kenyang bertahan lebih lama. Dunya News (24/5) merangkum trik seputar memilih makanan yang tepat untuk sahur.

5 Trik Memilih Makanan Sahur yang Tak Sulit Dicerna TubuhFoto: iStock

1. Hindari kolesterol
Tak bisa dipungkiri, makanan tinggi kolesterol kerap jadi menu buka puasa. Salah satunya gorengan yang kerap disantap lebih dari 1 buah. Karenanya penting memastikan makanan sahur jauh dari kolesterol. Kombinasi sehat seperti asupan buah, sayur, yogurt, atau putih telur sangat dianjurkan.

2. Makan kurma
Mengonsumsi kurma saat sahur adalah kebiasaan baik, bahkan juga menjadi sunnah. Kurma membawa banyak manfaat sehat bagi tubuh jika rutin dikonsumsi. Anda bisa makan 4 sampai 6 butir kurma saat sahur untuk mendapat asupan mineral, antioksidan, vitamin, serat, dan folat yang cukup.

Baca Juga: Ini Manfaat Rutin Konsumsi 3 Kurma Tiap Hari Selama Seminggu

5 Trik Memilih Makanan Sahur yang Tak Sulit Dicerna TubuhFoto: Istock

3. Konsumsi gandum
Sereal gandum atau makanan bijian utuh lainnya sangat baik dikonsumsi saat sahur. Penelitian membuktikan asupan bijian utuh bisa mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, kanker usus, dan bahkan alzheimer. Beberapa yang bisa jadi pilihan adalah oat, beras cokelat, dan roti gandum.

4. Tambahkan protein dan banyak cairan
Tak kalah penting, tubuh membutuhkan banyak asupan protein dan cairan selama berpuasa. Dapatkan dua zat gizi ini dari konsumsi telur, daging, disertai buah, sayur, susu rendah lemak, jus buah segar, dan kacang-kacangan. Minum jus buah segar sangat direkomendasikan untuk mengasup kebutuhan cairan dengan cara menyenangkan.

5 Trik Memilih Makanan Sahur yang Tak Sulit Dicerna TubuhFoto: Istimewa

5. Jangan lewatkan sahur
Yang paling utama tentu saja jangan melewatkan sahur. Banyak orang terkadang sengaja melewatkannya agar bisa tidur lebih lama. Namun, tidak makan sahur bisa membuat tubuh dehidrasi hingga sakit kepala seharian. Penting untuk selalu sahur dengan pilihan makanan sehat yang tepat.

Baca Juga: Sahur dengan Kurma Plus Susu Bisa Dapat Manfaat Sehat Ini

(adr/odi)