Minum Madu Saat Sahur Bisa Bikin Pencernaan Sehat Hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 03:22 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Madu dikenal sebagai bahan makanan yang bisa sehatkan tubuh. Rasanya manis namun dapat menjaga kesehatan pencernaan hingga menjaga daya tahan tubuh, terutama saat puasa.

Madu berbentuk cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Madu berasal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Tak jarang orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan atau campuran pada makanan karena rasa manis khas yang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Selama berpuasa, tentu mengonsumsi madu bisa dilakukan. Madu bisa dicampur dengan air hangat dan diminum saat sahur. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral hingga antioksidan yang bisa menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga.

Seperti yang telah dilansir dilaman Real Food For Life (19/04/2019), berikut manfaat dari madu bagi kesehatan.

Baca Juga: Terserang Flu dan Batuk? Atasi dengan Satu Sendoh Teh Madu

1. Madu Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Madu bisa menghambat pertumbuhan kanker sehingga sel-selnya tidak terus tumbuh. Proses penyebaran sel kanker juga akan terhambat sehingga penyembuhan kanker akan lebih cepat.

Minum Madu Saat Sahur Bisa Bikin Pencernaan Sehat Hingga Tingkatkan Daya Tahan TubuhFoto: iStock

2. Mengurangi Gangguan Pencernaan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu juga dapat membantu gangguan seperti maag dan gastroenteritis bakteri. Viskositas pada madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai anti bakteri.

3. Anti-bakteri dan Anti-jamur

"Semua madu bersifat antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang bisa menghasilkan hidrogen peroksida," kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di Universitas Waikato di Selandia Baru.

Minum Madu Saat Sahur Bisa Bikin Pencernaan Sehat Hingga Tingkatkan Daya Tahan TubuhFoto: Istock

4. Meningkatkan Kinerja Atletik

Atlit Olimpiade zaman dulu sering konsumsi madu untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini telah diverifikasi oleh studi modern, yang menunjukkan bahwa hal itu benar, karena untuk mempertahankan kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan dibandingkan dengan pemanis lainnya.

5. Meredakan Batuk

Madu dapat membantu pengobatan batuk, terutama madu Buckwheat. Dalam sebuah penelitian terhadap 105 anak-anak, satu dosis madu Buckwheat sama efektifnya dengan dekstrometorfan dosis yang ada pada obat batuk.

Minum Madu Saat Sahur Bisa Bikin Pencernaan Sehat Hingga Tingkatkan Daya Tahan TubuhFoto: Boldsky


6. Seimbangkan 5 Elemen

Beberapa manfaat kesehatan dari madu adalah berguna untuk meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma, diare, dan mual.

Madu disebut sebagai "Yogavahi" karena memiliki kualitas dapat menembus jaringan tubuh yang paling dalam. Ketika madu digunakan dengan herbal lainnya, maka madu bisa meningkatkan kualitas obat.

7. Pengobatan Gula Darah

Meskipun mengandung sedikit gula, tetapi gula disini bukan seperti gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi tepat antara fruktosa dan glukosa sebenarnya dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memang memiliki indeks hipoglikemik yang rendah.

8. Sembuhkan Luka

Selain bagus untuk kesehatan, madu juga bagus untuk kulit. Hal ini diperkirakan karena efek pengeringan dari gula dan sifat antibakteri pada madu bergabung untuk pengobatan ini. Maka penelitian menunjukkan bahwa ini sangat berhasil untuk menyembuhkan luka.

Minum Madu Saat Sahur Bisa Bikin Pencernaan Sehat Hingga Tingkatkan Daya Tahan TubuhFoto: Boldsky

9. Probiotik

Beberapa jenis madu dikawal oleh sejumlah besar bakteri baik, termasuk 6 jenis dari Lactobacillus dan 4 jenis dari Bifidobacteria, sehingga membuatnya layak menjadi sumber probiotik.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah studi di School of Medicine, Universitas Cardiff, Inggris. Madu Manuka telah ditemukan dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

"Ketika musim dingin, madu Buckwheat harus ada di kotak obat Anda, karena madu tinggi antioksidan dan benar-benar bisa menambah sistem kekebalan tubuh. Madu soba ini dapat membuat Anda tetap sehat sepanjang musim dingin," kata Dr. Bhatia.

Baca Juga: Begini Cara Mendeteksi Telur Hingga Madu Palsu di Pasaran (lus/lus)