Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap Sahur

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 03:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang yang justru lebih fokus persiapkan buka puasa. Padahal makanan saat sahur juga penting untuk jaga stamina seharian.

Selama bulan ramadhan ada beberapa kebiasaan makanan yang harus dihindari. Seperti terlalu banyak menyantap makanan berlemak, minum bersoda, hingga porsi makan yang tak terkontrol. Selain itu kebiasaan makan saat sahur juga harus diperhatikan.

Baca Juga: Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan Air


1. Makan Karbohidrat Berlebihan

Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap SahurFoto: Istimewa
Saat sahur hindari terlalu banyak menyantap makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Menurut Dokter Ravi Arora, selaku ahli diabetes di NMC Abu Dhabi Hospital, waktu puasa yang panjang membuat asam lambung meningkat.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Atau bisa juga menyantap nasi, ditambah dengan makanan bernutrisi seperti potongan daging, telur, sayuran bening, dan kacang. Karena dapat mendorong energi dalam tubuh.


2. Jangan Terlalu Banyak Makan Nasi
Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap SahurFoto: Istimewa
Ahli gizi Hamid Jan Mohamed dari Malaysia, menyarankan untuk mengurangi asupan nasi putih. Karena nasi mengandung gula yang tinggi, sehingga membuat orang lebih cepat lapar.

Konsumsi nasi boleh saja, asal dibatasi. Jika masih lapar, bisa juga ganti nasi putih ke nasi merah atau brown rice. Nasi merah ini membantu tubuh kenyang lebih lama, dan bisa dipadukan dengan buah-buahan atau sayuran agar nutrisinya seimbang.


3. Hindari Minum Kopi dan Minuman Bersoda

Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap SahurFoto: Istimewa
Saat sahur penting untuk mengonsumsi banyak cairan, agar tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa berjam-jam lamanya. Tanya van Aswegen selaku ahli diet klinis di Valiant Clinic Dubai menyarankan untuk meminum air putih sebanyak 2,2 liter setelah berbuka hingga waktu sahur.

Hindari juga konsumsi minuman yang memiliki kafein, pemanis, hingga bersoda. Karena dapat mendorong efek diuretik, yang membuat lebih sering buang air kecil hingga akhirnya kekurangan cairan saat berpuasa. Jika ingin meminum kopi atau teh, bisa dua jam setelah berbuka puasa ketika perut sudah terisi makanan.


4. Tidur Setelah Sahur

Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap SahurFoto: Istimewa

Tidur setelah sahur memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika mata masih mengantuk, tapi rupanya kebiasaan ini tidak terlalu bagus untuk kesehatan. Apalagi setelah Anda melahap makanan dan minuman saat sahur.

Alasannya cukup sederhana, ketika Anda tertidur, sisa makanan yang belum sempat diproses oleh tubuh berhenti. Sehingga rentan mengalami masalah pencernaan, dan tentunya membuat perut lebih gampang sakit saat puasa.


5. Tidak Sahur
Agar Puasa Tetap Sehat, Hindari 5 Hal Ini Saat Santap SahurFoto: Istimewa

Banyak orang yang tidak sahur karena malas bangun, atau memang tidak lapar. Ahli gizi Hamid Jan Mohamed,mengingatkan untuk tidak melewatkan sahur. Karena makan pada saat sahur ini meningkatkan metabolisme yang sehat.

Selain itu untuk mengurangi rasa lapar, meningkatkan mental, juga untuk kesehatan otak. Tentunya makan saat sahur dapat menambah energi, dan melancarkan sistem pencernaan. Serta menghindari tubuh dari kelelahan yang ekstrem.

Baca Juga: Jangan Makan Berlebihan Saat Sahur Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Stabil (sob/odi)