Kulit Mangga Punya Banyak khasiat, Apa Bisa Dimakan?

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 17 Mei 2019 11:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau buah mangga sudah terbukti enak, bagaimana dengan kulitnya. Apakah kulit buah mangga bisa dimakan?

Mangga adalah buah tropis yang paling diminati karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Mangga juga memiliki berbagai jenis lainnya yang tersedia disetiap musim.

Buah mangga tak hanya nikmat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi penting. Uniknya lagi, mangga tak hanya mengandung nutrisi di daging buahnya saja, tetapi juga pada kulitnya. Sebenarnya, apa sih kandungan kulit mangga dan apakah boleh dimakan begitu saja?

Kulit Mangga Punya Banyak khasiat, Apa Bisa Dimakan?Foto: iStock

Baca Juga: Kulit Pisang hingga Kulit Semangka Ternyata Bernutrisi dan Bisa Dimakan

Banyak ahli makanan berpendapat bahwa kulit mangga jangan dibuang begitu saja. Karena kulit mangga mengandung vitamin A dan C, serta dapat membangun sistem kekebalan tubuh.

Kulit mangga ternyata dapat menjadi penambah metabolisme yang hebat, dan terbukti sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Ini juga memudahkan pergerakan usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Kulit Mangga Punya Banyak khasiat, Apa Bisa Dimakan?Foto: iStock

Fitonutrien yang ada dalam kulit mangga mengandung antioksidan tertentu yang dapat melawan infeksi dan penyakit berbahaya. Ada juga komponen tertentu yang ditemukan dalam kulit mangga seperti triterpen dan triterpenoid, yang bisa menjaga kadar gula darah.

Flavonoid yang terkandung dalam kulit mangga dapat menahan penuaan dini. Kulit mangga juga mengandung hampir semua nutrisi yang ada pada buahnya, tetapi tidak mengandung gula, karbohidrat dan kalori yang berlebihan.

Kulit Mangga Punya Banyak khasiat, Apa Bisa Dimakan?Foto: iStock

Dari semua manfaat kulit mangga ini, ternyata kulit mangga tidak baik untuk dikonsumsi, karena kulit mangga mengandung senyawa kuat yang disebut urushiol, yang juga memiliki beberapa bahan kimia organik, yang dapat menyebabkan alergi jika menelan senyawa ini.

Kulit mangga memiliki rasa pahit dan memiliki tekstur kasar, sehingga sulit dikunyah. Bahkan terkadang, buah disuntikkan dengan pestisida untuk menangkal bakteri dan serangga.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

(adr/lus)