Selain Enak Untuk Es Campur, Lidah Buaya Bisa Atasi Batuk dan Flu

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 07:40 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Lidah buaya dicampur es dan sirup jadi sajian berbuka yang segar. Ternyata lidah buaya juga bisa obati flu dan batuk.

Lidah buaya atau aloe vera sangat dikenal sebagai campuran minuman yang enak. Karena teksturnya kenyal dan rasanya dingin. Juga populer sebagai bahan alami yang bisa menyehatkan rambut.

Pergantian musim seperti saat ini banyak membuat orang terserang batu, flu dan demam. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang menurun. Sebelum menelan obat flu, ada baiknya Anda mengonsumsi aloe vera ini sebagai obat alami yang aman.


Selain Enak Untuk Es Campur, Lidah Buaya Bisa Atasi Batuk dan FluFoto: iStock

Hal ini karena lidah buaya memiliki sejumlah nutrisi yang berkhasiat. Gel atau bagian putih bening yang ada di dalam kulit lidah baya yang keras berduri itu ternyata berfungsi sebagai detoksifikasi dan anti perdanganan. Juga berkhasiat untuk memperlancar pencernaan dan pencahar alami. Khasiat lainnya yang direkomendasikan para ahli adalah menurunkan berat badan.

Seperti dikutip dari NDTV (14/5) lidah buaya mengandung antioksidan seperti betakaroten, Vitamin C, dan sumber Vitamin B. Karenanya konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan setiap hari.

Menurut buku 'Healing Foods' yang diterbitkan DK Publishing House, lidah buaya bisa mengatasi batuk dan asma bronchitis. Zat antiseptiknya bisa membantu mengatasi batuk dan radang tenggorokan. Ini karena lidah buaya mengandung antivirus dan antibakteri yang dapat membantu melindungi Anda terhadap infeksi.

Selain Enak Untuk Es Campur, Lidah Buaya Bisa Atasi Batuk dan FluFoto: Getty Images

Sifat anti-inflamasinya yang tinggi menghambat pembentukan histamin dan mencegah perkembangan kondisi alergi. Selain itu juga mengandung sam salisilat alami, yang merupakan bahan dasar untuk banyak obat pereda nyeri. Dengan sejumlah khasiat itu ada baiknya konsumsi lidah buaya saat terserang batuk, flu dan pilek.

Lidah buayan yang segar dan dikupas siap santap mudah ditemui di pasaran. Ada yang tanpa gula ada juga yang direndam sirup gula. Khusus untuk atasi flu, ambil sekitar 4 sendok makan lidah buaya segar yang sudah dikupas, potong-potong dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan 250 ml jus apel segar. Proses hingga halus dan nikmati sebagai minuman.

Lidah buaya juga bisa dinikmati sebagai campuran slad, atau setup buah yang enak. Bisa dikonsumsi kapan saja. Harganya murah dan mudah didapat. Karena lidah buaya sering ditanam sebagai tanaman pekarangan.

(odi/odi)