Sebaiknya Berapa Porsi Telur yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 09:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Telur yang sering Anda konsumsi memang kaya akan manfaat. Tapi jangan terlalu banyak, pastikan Anda menikmatinya dalam jumlah yang tepat.

Anda tentu tahu bahwa telur merupakan makanan yang memberikan banyak manfaat. Dengan kandungan 70 kalori, makanan ini kaya akan protein dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Baik putih maupun kuningnya, telur kaya akan nutrisi, protein, vitamin, dan mineral. Kuning telur juga mengandung kolesterol, vitamin larut lemak, dan asam lemak esensial.

Sebaiknya Berapa Porsi Telur yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: iStock

Nutrisi pada putih telur adalah 90 persen air dan 10 persen protein seperti albumin, protein, dan globulin.

Putih telur juga mengandung kalium, niasin, riboflavin, magnesium dan natrium ke dalam makanan kita, sedangkan kuning telur memberikan vitamin A, fosfor, zat besi, seng dan vitamin D. Selain itu, kuning telur juga memiliki B6 dan B12, asam folat, asam pantotenat dan tiamin, fosfor, zat besi, seng, dan vitamin A, D, E, dan K.

Sejumlah kalsium, tembaga, besi, mangan, fosfor, selenium, dan seng juga ada dalam kuning telur. Jadi bisa dikatakan bahwa telur adalah sumber protein yang berkualitas.

Baca Juga: Konsumsi Putih Telur Bisa Jaga Tubuh Tetap Ramping dan Jantung Sehat

Bahkan ternyata, kuning telur mengandung semua lemak yang ada pada telur. Lalu apakah lemak pada telur sehat? Lalu sebaiknya berapa banyak telur yang dapat dikonsumsi dalam sehari?

Sebaiknya Berapa Porsi Telur yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: Istimewa

Seperti yang telah dilansir dilaman NDTV Food, lemak dalam telur semuanya memang ada pada kuning telur. Lemak-lemak seperti lemak omega-3 juga merupakan bagian dari profil lemak. Tetapi justru ini terkait dengan hasil kesehatan positif yang berkaitan dengan kesehatan jantung, diabetes dan tekanan darah.

Dalam penelitian yang diikuti 40.000 pria dan 30.000 wanita, telah ditemukan bahwa konsumsi satu telur setiap hari tidak berpengaruh peningkatan risiko penyakit jantung.

Sedangkan bagi Anda yang sedang diet, harus diperhatikan dalam konsumsi telur. Telur dengan bacon, tepung olahan, makanan olahan yang mungkin mengandung lemak, jelas akan membahayakan kesehatan Anda dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Tetapi tidak bahaya jika dimakan sehat dengan biji-bijian atau sayuran.

Apabila Anda memiliki kolesterol, juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kuning telur. Konsumsi jangan terlalu banyak dalam seminggu. Lalu apabila Anda adalah orang yang aktif secara fisik lebih baik konsumsi 4-6 telur sehari untuk meningkatkan asupan protein pada tubuh Anda.

Baca Juga: 8 Cara Goreng Telur Enak yang Cocok untuk Pecinta Telur (lus/lus)