Konsumsi Putih Telur Bisa Jaga Tubuh Tetap Ramping dan Jantung Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Feb 2018 17:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Putih telur jadi menu diet favorit. Tak hanya tinggi protein, putih telur juga rendah kalori dan kaya vitamin dan mineral.

Putih telur bisa jadi pilihan lauk sehat. Bisa diolah menjadi telur dadar, telur rebus atau sebagai campuran sandwich. Meskipun kuning telur juga menyehatkan, akan tetapi untuk meningkatkan kesehatan jantung sebaiknya konsumsi putih telur saja. Putih telur juga bisa membantu jaga berat badan agar dan bebas kolesterol.

Dikutip dalam NDTV (14/02) berikut ini beberapa manfaat dari putih telur yang bisa Anda ketahui.

Baca juga: Apakah Makan Telur Setiap Hari Aman untuk Kesehatan?

1. Bebas kolesterol

Jika Anda konsumsi hanya putih telurnya saja, maka tak mengandung kolesterol. Dengan memilih konsumsi putih telur, risiko terjadinya penyakit jantung bisa lebih kecil. Putih telur bisa diolah menjadi beragam sajian. Jika ingin digoreng, Anda bisa mencampurkan beberapa cincangan bawang putih dan juga potongan sayuran.

Konsumsi Putih Telur Bisa Jaga Tubuh Tetap Ramping dan Jantung SehatFoto: gettyimage

2. Tinggi protein

Putih telur juga kaya akan protein. Protein sangat berperan penting dalam membangun otot, tulang, kulit dan darah. Serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Rendah kalori

Jika Anda tidak konsumsi kuning telur, maka kandungan kalori dari sebutir telur akan lebih rendah. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya pilih putih telur dibandingkan telur utuh.

Konsumsi Putih Telur Bisa Jaga Tubuh Tetap Ramping dan Jantung SehatFoto: gettyimage

4. Memelihara tekanan darah

Kandungan potasium dalam putih telur dapat membantu mengurangi dan mempertahankan tekanan darah. Kalium adalah mineral dan elektrolit yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan tulang seiring dengan berfungsinya tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Chemical Society, putih telur mengandung peptida yang disebut PVPSL yang merupakan komponen protein yang dapat membantu kurangi tingkat tekanan darah.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kalium dapat membantu turunkan tekanan darah yang nantinya dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Ini bekerja dengan mempromosikan vasodilatasi, sebuah proses dimana pembuluh darah melebar yang memungkinkan aliran darah lancar dan mencegah kemungkinan terjadinya penyumbatan.

Konsumsi Putih Telur Bisa Jaga Tubuh Tetap Ramping dan Jantung SehatFoto: Istimewa

6. Mengandung vitamin

Putih telur mengandung vitamin penting seperti A, B12 dan D. Salah satu vitamin yang paling penting adalah riboflavin, juga dikenal sebagai vitamin B2 yang diperlukan untuk mencegah berbagai kondisi seperti degenerasi makula terkait usia, katarak dan sakit kepala atau migrain. (lus/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat