Rajin Minum Teh Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Apa Benar?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 03:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh dipercaya sebagai minuman yang kaya manfaat kesehatan. Sebuah studi mengungkapkan, dengan rutin konsumsi teh dapat membuat wanita panjang umur. Apa benar?

Ada penelitian baru yaitu jika wanita minum dua cangkir teh dalam sehari atau bahkan lebih, maka akan hidup lebih lama. Studi kesehatan ini berfokus pada 1000 wanita usia tua yang mengkonsumsi teh.
Rajin Minum Teh Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Benarkah?Foto: iStock

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?

Pada dasarnya teh mengandung flavonoid, yang dikatakan dapat mengurangi risiko kematian pada wanita. Pada dasarnya flavonoid adalah senyawa yang terdiri dari 15 atom karbon yang umumnya tersebar dalam tumbuhan, bahkan juga ada pada buah berry.

Hasil dari penelitian ini, 88 persen wanita berumur panjang bagi mereka yang sering konsumsi teh. Peneliti juga menyimpulkan bahwa wanita yang minum lebih banyak teh 40 persen hidupnya lebih lama.
Rajin Minum Teh Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Benarkah?Foto: Istock

Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa manfaat flavonoid dapat meluas ke etiologi kanker dan penyakit kardiovaskular. Dalam penelitian lain juga menemukan bukti adanya komponen teh yang berinteraksi dengan 28 bagian genom berbeda yang berhubungan erat yang dapat memperbaiki metabolisme.

Dengan kata lain, minum teh setiap hari bisa mengurangi risiko serangan penyakit serius secara signifikan. Bahkan dapat meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan tulang.

Anda tidak perlu menunggu sampai tua untuk menikmati manfaat teh, karena minum teh secara teratur dapat memberikan manfaat yang memang Anda juga butuhkan ketika masih remaja karena dapat mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan, Minum Teh atau Kopi? (dvs/odi)