Ini Dia 7 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 09:35 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Selama berpuasa, minum banyak air menjadi tantangan tersendiri. Kurang konsumsi air bisa membuat tubuh dehidrasi. Semangka bisa jadi pilihan.

Cara terbaik untuk menambah kandungan air di dalam tubuh. Agar tak bosan, air putih bisa diimbangi dengan konsumsi buah semangka yang tinggi akan kandungan air. Dalam 100 gram buah semangka mengandung kalori sebesar 28 Kkal.

Berikut ini beberapa manfaat dari konsumsi semangka yang dilansir dalam The News.

Baca juga: Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka dan Ngeteh

1. Tinggi kandungan air

Semangka memiliki kadar air yang tinggi yaitu sebesar 92 persen. Selain itu semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, natrium dan kalium yang dapat menghidrasi Anda lebih efektif daripada air.

Efek samping dari dehidrasi sebenarnya cukup serius dan dapat menyebabkan sakit kepala, kurangnya konsentrasi, kelelahan dan lemas. Kalau hal ini tak ingin terjadi, Anda bisa mengonsumsi buah semangka saat berbuka puasa atau sahur.

Ini Dia 7 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama RamadanFoto: iStock

2. Rendah kalori

Buah semangka termasuk yang rendah kalori. Per 100 gram hanya 28 Kkal dan rendah gula. Kandungan airnya yang tinggi bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Buah semangka bisa dikonsumsi dalam bentuk buah potong, jus tanpa tambahan gula atau diolah menjadi tambahan es buah.

Semangka juga mengandung vitamin A, C dan B. Semangka juga mengandung kalium dan citrulline yang merupakan asam amino penting. Hanya satu irisan kecil semangka bisa memasok kebutuhan vitamin C dan A harian.

Keduanya memiliki antioksidan yang sangat penting dan bisa memerangi kanker. Semangka juga mengandung karotenoid, termasuk beta karoten dan paling penting dengan likopen, pigmen antioksidan yang memberi warna merah pada buah. Antioksidan ini dapat melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mudah diserap tubuh.

3. Melindungi kulit

Likopen dan beta karoten dapat membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Menurut sebuah penelitian, likopen bertindak seperti tabir surya dari dalam. Wanita yang mengonsumsi 16 mg lycopene sehari selama 12 minggu menunjukkan pengurangan efek merusak sinar UVA dan UVB, termasuk sinar matahari dan kerusakan sel.

Ini Dia 7 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama RamadanFoto: iStock

4. Sehatkan jantung

Semangka dapat menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen memiliki kardiovaskuler termasuk mengurangi risiko stroke. Semangka juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Semangka juga tinggi akan vitamin C yang bisa memperbaiki pembulu darah dan membantu turunkan kadar kolesterol.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka dapat membantu melindungi mata terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini juga dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia yang merupakan masalah umum penyebab kebutaan orang dengan usia tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti inflamasi dapat membantu mencegah degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

6. Tingkatkan pencernaan
Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Keduanya penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Air membantu menjaga saluran perncernaan lancar. Makan buah-buahan yang tinggi air seperti semangka dapat membantu pergerakan usus normal.

Ini Dia 7 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama RamadanFoto: thinkstock

7. Olahan enak semangka

Agar lebih enak. Semangka tidak hanya bisa dimakan dalam bentuk potongan. Buah semangka bisa dibuat menjadi jus, popsicle atau salad. Selain itu, buah semangka juga bisa dikombinasikan menjadi es campur untuk berbuka puasa.

Baca juga:Segar Manis Penawar Haus, Ini 10 Fakta Menarik Semangka


Simak Juga 'Alasan Kenapa Semangka Cocok Jadi Sahabat Diet Kamu':

[Gambas:Video 20detik]

Ini Dia 7 Alasan Semangka Baik Dikonsumsi Selama Ramadan
(lus/odi)